Tanya Dokter

  • Pengobatan hipertensi usia muda

  • sebelumnya selamat pagi dok???

    saya dicky dok mau bertanya dok sebelumnya saya minum teh hijau baik" saja sempet berhenti dan mulai meminum lgi sekitar empat hari minum 3×1hari malamnya sayah tidak bisa tidur merasa takut seperti nyawa melayang .. paginya pandangan saya kabur gk konsentrasi sekolah juga bawaanya ngantuk,lemas,pikirqn gk tenang apakah ini ajal waAllahhualam?? apakah efek teh hijau sendiri saya menemui dokter katanya saya terlalu bnyak minum kafein mungkin dari teh tersebut dan tensi saya 140/70 katanya bisa stroke??? apakah benar ..?? terus saya diberi obat captopril 3 hari lgi suruh tensi darah lagi. alhamdulillah saya agak membaik setelah minum itu bawaanya mau tidur tpi kdang prasaan semalem ittu muncul dok trimakasi mohon jawabannya ???

    menunggu jawaban

    tadi saya cek dok tensinya msh 140 pernya doang turun gimana dok

    Hai, Seseorang dikatakan mengidap hipertensi / tekanan darah tinggi apabila nilai tekanan darahnya secara menetap lebih tinggi atau sama dengan 140/90 mmHg. Nilai tekanan darah ada dua, yaitu tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik; pada tekanan darah 140/90 mmHg, tekanan 140 mmHg ialah tekanan sistolik sedangkan tekanan 90 mmHg ialah tekanan diastolik. Pada umumnya, seseorang yang mengidap hipertensi akan mengalami peningkatan baik pada tekanan sistolik maupun tekanan diastoliknya. Peningkatan tekanan sistolik saja biasanya berkaitan dengan keadaan yang tidak menetap, seperti stres, kurang tidur, olahraga, cemas, efek kafein, rokok, alkohol dan sebagainya -- apabila penyebabnya dihilangkan, nilai tekanan darah umumnya kembali normal. Sebaliknya peningkatan tekanan diastolik cenderung lebih berkaitan dengan kondisi hipertensi yang sesungguhnya, yaitu peningkatan tekanan darah tinggi yang menetap dan berkaitan dengan komplikasi kerusakan pembuluh darah. Namun, ada juga yang disebut sebagai isolated systolic hypertension/peningkatan tekanan darah sistolik terisolasi -- pada kondisi ini, tekanan sistolik tinggi menetap dan berisiko mengalami komplikasi kerusakan pembuluh darah sebagaimana penyakit hipertensi lain. Perlu diketahui bahwa penyakit hipertensi bisa mengenai siapapun tanpa memandang usia. Hanya saja, terdapat beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap hipertensi, yaitu:

    • Berusia lanjut
    • Riwayat keluarga pengidap hipertensi
    • Merokok
    • Kegemukan
    • Kebiasaan mengonsumsi makanan bergaram tinggi
    • Kurang aktivitas fisik
    • Stres
    • Kebiasaan mengonsumsi alkohol
    Dengan menerapkan pola hidup sehat dan makanan bergizi seimbang, diharapkan seseorang terhindari dari berbagai penyakit kronis, salah satunya ialah hipertensi. Anda sebaiknya mulai belajar menerapkannya dan rutin kontrol ke Dokter untuk penilaian ulang tekanan darah. Jika terus menerus tinggi, Anda sebaiknya rutin mengonsumsi obat -- obat berfungsi untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil dan dengan demikian komplikasi kerusakan pembuluh darah (mis. stroke, penyakit jantung dan ginjal) dapat dicegah. Karena penyakit hipertensi ialah kondisi yang menetap, obat mungkin perlu dikonsumsi seumur hidup -- konsultasikanlah ke Dokter mengenai rencana pengobatan Anda. Baca juga berbagai makanan penakluk darah tinggi Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma