Tanya Dokter

  • hipertiroid dan urat-urat tangan yang terlihat

  •  Yolanda Undap
    Anggota

    Sore dok, sy ingin mendapat second opinion,saya berusia 25 tahun didiagnosis hipertiroid menjalani tes ekg pertama 130/80 diberi propranolol dan obat racikan, selang beberapa hari selanjutnya saya tes ekg lg turun menjadi 100/80,msh diberikan propranolol dan thyrozol, tp tiap malam sk berdebar dr bawah perut , ulu hati lgsg naik ke jantung , gejalanya sm seperti penyakit asam lambung yg sy derita sebelumnya .. apakah boleh sy mengkonsumsi braxidin/obat asamlambung lain dgn dosis berdekatan dgn propranolol dan thyrozol?? Sy jg perhatikan urat2 saya pucat dan berwarna biru terlihat sekali dikulit coklat saya ditelapak tangan dan kaki jg begitu kata dr spPD sy krn kulit sy tipis jd kelihatan urat2ny(pdhl sebelum didiagnosis hipertiroid urat2 sy gk terlalu kelihatan,mohon penjelasanx, melalui inbox fb atw di halaman ini terimakasih

    Halo, Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana tubuh memproduksi hormon tiroid lebih banyak dari normal. Hipertiroid dapat disebabkan oleh:

    • Penyakit Graves
    • Tiroiditis
    • Goiter multinodular toksik
    • Adenoma toksik
    • Efek samping dari obat-obatan tertentu
    Penanganan pada hipertiroidisme, didasarkan pada tanda dan gejala yang timbul, serta berdasarkan penyebab dari kondisi hipertiroid tersebut.
    • Pada tiroiditis, penanganan dilakukan berdasarkan gejala saja, karena hipertiroid yang terjadi hanya bersifat sementara saja.
    • Pada penyakit Graves, goiter multinoduler toksik, dan adenoma toksik, penanganan yang dapat dilakukan adalah pengobatan radiasi dengan iodin, obat-obatan antitiroid, atau pembedahan.
    Propanolol, digunakan untuk mengobati keluhan berdebar pada hipertiroid. Propanolol ini merupakan terapi pilihan utama sebelum pembedahan, radiasi iodin, dan obat-obatan anti-tiroid. Thyrozol, merupakan obat yang mengandung methimazole. Methimazole merupakan obat anti-tiroid yang berperan menghambat pembentukan hormon tiroid. Penggunaan methimazole terutama pada pasien dengan penyakit Graves yang berat, dan pada pasien yang tidak memungkinkan untuk dilakukan radiasi iodine. Braxidine, merupakan obat dengan kandungan chlordiazepoxide dan clidinium. Chlordiazepoxide merupakan obat anti cemas golongan benzodiazepin. Kombinasi dengan clinidium, sebagai antispasmodik dan antikolinergik, dapat mengurangi keluhan gangguan pada lambung seperti tukak lambung. Tidak ada laporan mengenai interaksi yang berbahaya antara chlordiazepoxide, clinidium, dengan methimazole maupun propanolol. Namun harap diperhatikan, penggunaan semua obat tersebut harus diperoleh melalui resep, dan berada dibawah pengawasan dokter. Efek langsung hormon tiroid yang berlebihan (tirotoksikosis) pada jaringan kulit adalah sebagai berikut:
    • Kulit menjadi halus dan tipis
    • Rambut menjadi tipis dan hilang gelombangnya
    • Kebotakan
    • Kuku menjadi berkilau, lunak, dan rapuh
    Lebih lanjut tentang Thyroid hormone action on skin Berikut ini diskusi dengan topik serupa: Seputar penyakit hipertiroid Sakit hipertiroid ataukah hipotiroid? Keluhan pada kulit yang Anda rasakan mungkin saja terjadi karena kondisi hipertiroid yang Anda alami. Akan tetapi jika keluhan bertambah berat, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter ketika Anda kontrol ulang ya. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha