Tanya Dokter

  • Ciri-ciri kondisi hipertiroidisme dan solusi penanganannya

  • Selamat malam dok. Saya derlina br tobing. Disini saya ingin bertana sekitaran bulan 8 kemarin saya berobat ke klinik, saya awalnya berobat mengenai hidung saya bersin bersin setiap harinya apalagi di kala cuaca dingin khususnya pas pagi dan malam. Tetapi pada saat itu dokter yg bertugas menanyakan keluhannya, dan saya menyampaikan semua keluhan saya. Sya bilang saya sering bersin bersin,telapak tangan dan kaki sering berkeringat, detak jantung saya sering berdebar kencang tak menentu dan badan saya gak pernah mau bertambah BB nya Umur saya 21th dan BB saya dari umur 18th sampai sekarang masih tetap 39-40an tidak pernah lebih. Pada saat itu dokter yg bertugas mendignosa sementara bahwa saya terkena hipertiroid. Dan saya di kasih surat rujukan ke rumah sakit kemudian di cek darah dan hasilnya seperti ini dok Fall tiroid: free T4 hasil: 0.86 satuan: ng/dl rujukan: 0.70-1.47 fall tiroid: TSHs hasil:0.508 satuan:ulU/ml rujukan:0.300-5.000 dan dokter rumah sakit tersebut mengatakan kalau ini normal. disini saya ingin bertanya apakah ini bener2 normal atau tidak dok, soalnya dari info yg saya baca mengenai ciri ciri penyakit tiroid tersebut semuanya ada pada saya dan semua saya alami. Tolong kasih solusinya ya dok, soalnya saya mau sehat seperti org yang lainnya. sebelumnya terimakasih selamat malam

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Hipertiroid adalah kondisi ketika kadar hormon tiroksin di dalam tubuh lebih tinggi dari normal. Hormon tiroksin dihasilkan oleh kelenjar tiroid dan berperan dalam proses metabolisme tubuh. Hormon TSH (Thyroid stimulating hormone) merupakan hormon yang dibentuk oleh kelenjar pituitari yang kemudian merangsang pembentukan hormon triiodotironin (T3) dan tiroksin (T4).

    Dari gejala yang Anda paparkan, memang ada kemungkinan mengarah kepada gangguan hormon tiroid sehingga memerlukan pemeriksaan hormon tiroksin dan TSH. Perlu diketahui bahwa nilai rujukan hormon tiroksin dan TSH kadang berbeda antar tiap laboratorium tergantung alat pemeriksaan yang digunakan dan satuan nilainya. Dari hasil hormon tiroksin dan TSH serta nilai rujukan yang Anda cantumkan, memang keduanya menunjukkan nilai yang normal.

    Jika Anda masih ragu, Anda bisa berkonsultasi kembali dengan dokter lain secara langsung untuk meminta opini kedua (second opinion). Pemeriksaan juga sebaiknya dilakukan ulang untuk menentukan penyebab dan diagnosis dari keluhan yang Anda alami.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda tentang hipertiroid di: https://www.alodokter.com/hipertiroidisme

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.