Tanya Dokter

  • Solusi atasi tremor dan jantung berdebar

  • Permisi dok sy mau tanya, pada bulan 8 lalu saya cek hormon tiroid. Hasil TSH/TSHS 1.86 ulUU/ml nilai normal=(0.25-5.0) dan FT4 21.13pmol/L nilai normal (9-20). Dan kondisi ini sdg sy konsultasikan ke penyakit dalam, dan hanya diberi obat propanolol dan obat penenang. Kata nya ini kondisi langka dan blm bisan disebut hipertiroid subklinis. Kira" apa yang harus saya lakukan selanjutnya dok, kondisi fsik saya masih mengalami tremor halus dan terkadang jantung berdebar" karna fikiran saya takut akan penyakit ini. Saya sdh berhenti mengkonsumsi propanolol tersebut karena tidak ada efeknya. Terimakasih
    Maksudnya saya sudah mengkonsultasikan ke penyakit dalam dok. Satu hari setelah cek lab hormon. Tolong dijawab dok

    Halo Ilham Rosihanmajid, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Hasil pemeriksaan laboratorium seperti yang anda miliki memang termasuk hasil laboratorium yang sulit untuk dianalisis. Anda tidak dapat dikatakan menderita hipertiroid subklinis karena memang tidak memenuhi kriteria hipertiroid subklinis. Pada hipertiroid subklinis hasil yang didapatkan biasanya adalah TSH yang rendah dengan T3 atau T4 yang normal, sementara yang terjadi pada anda adalah sebaliknya TSH anda normal dan FT4 anda sedikit meningkat.

    Pada kondisi ini, perlu disingkirkan dulu kemungkinan penyebab peningkatan FT4 yang lain seperti:

    1. penggunaan levothyroxine (hormon tiroid sintetik)
    2. penyakit akut tertentu yang tidak terkait dengan tiroid
    3. penggunaan obat-obatan tertentu seperti amiodaron, interferon alfa, lithium, estrogen

     

    Bila tidak terdapat kondisi-kondisi di atas, maka dapat dipikirkan 2 kemungkinan:

    1. Terdapat substansi tertentu pada sampel pemeriksaan yang mengganggu hasil pemeriksaan (analytical interference). Pada kondisi ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut berupa T4 antibody, T4 binding protein, TSH antibody, TSH dengan terapi HAMA.
    2. Terdapat resistensi hormon tiroid atau yang disebut juga dengan Refetoff syndrome. Kondisi ini sebagian besar disebabkan karena suatu mutasi genetik yang disebut gen RHRB. Untuk memastikannya diperlukan analisis mutasi genetik.

     

    Jantung yang berdebar-debar, sering merasa cemas, serta tremor merupakan gejala-gejala peningkatan hormon tiroid. Sebaiknya anda mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter penyakit dalam anda, serta kontrol kembali ke dokter penyakit dalam sesuai jadwal yang diberikan. Dokter anda mungkin akan merencanakan pemeriksaan kembali untuk menentukan diagnosis serta rencana penatalaksanaan terbaik untuk anda.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia