Tanya Dokter

  • Prosedur untuk lakukan hipnoterapi

  •  farhani
    Anggota

    dokter, saya ingin belajar hipnosis tapi saya ngak ngerti. bisa dok ajarin saya? saya cuba ngomong  indonesia tapi saya orangnya malaysia. 14 tahun. bisa ngak dok ajarinnya hipnosis?

    dan gimana kalo ingin memyembuhkan insomnia secara karena saya ada  kawan yang tidak bisa tidur jika saya tidur sebelumnya kiranya saya perlu tidur lambat darinya?

    gimana kalo mahu tahu bahawa dia berpura tidur?

    farhani  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Farhani,

    Hipnosis secara kedokteran berbeda dengan hipnosis secara awam. Secara kedokteran hipnosis atau hipnoterapi merupakan prosedur medis yang dilakukan dengan memberdayakan pikiran bawah sadar pasien yang umumnya dilakukan setelah mengistirahatkan pikiran sadar pasien.

    Prosedur ini dilakukan oleh dokter spesialis psikologi (spesialis kesehatan jiwa) ataupun seorang hypnoterapist (orang yang terlatih untuk melakukan terapi hipnosis) dan prosedur ini dimanfaatkan untuk kepentingan penyembuhan.

    Bila Anda tertarik untuk menjadi praktisi hypnoterapi maka sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kesehatan jiwa agar mendapat informasi yang akurat mengenai hal ini.

    Sedangkan untuk mengetahui apakah seseorang berpura-pura tidur atau tidak dapat dinilai dari beberapa hal berikut :

    • Gerakan kelopak mata, orang yang tertidur akan mengalami fase tidur REM (Rapid eye movement) yang akan menyebabkan gerakan bola mata dan ditandai dengan gerakan kelopak mata
    • Respon terhadap lingkungan umumnya sangat minimal
    • Orang yang tertidur memiliki frekuensi nafas yang lebih lambat dan lebih teratur dibanding orang yang terjaga
    • Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono