Tanya Dokter

  • Penanganan medis hipoplasia

  •  Eveline
    Anggota

    Dokter yang baik hati, Saya Eveline gadis berusia 18 thn. Baru-baru ini saya mengetahui bahwa saya mengidap hipoplasia, sebelumnya saya mengira bahwa saya baik-baik saja, dan akan tumbuh normal ketika waktunya tiba. Namun tidak, setelah saya browsing di internet ternyata inilah yg dinamakan Hipoplasia.

    yg ingin saya tanyakan pada dokter, penanganan medis apakah yg bisa mengatasi hipoplasia ini ? serta yg cocok bagi gadis yg masih umur 18 thn seperti saya ini ?

    saya tunggu balasannya, terima kasih

    Hai,   Apakah yang Anda maksud hipoplasia payudara (hipomastia) ? Hipoplasia adalah suatu kondisi dimana terjadi proses pengembangan yang tidak sempurna / tidak lengkap pada suatu organ / jaringan tertentu. Ini bisa terjadi pada hampir semua bagian tubuh mulai dari enamel gigi, testis, payudara, ovarium, rahim, usus besar, usus halus, esofagus/ kerongkongan, dll. Ukuran payudara setiap wanita bervariasi dan tidak memiliki ukuran standard. Semua akan dipengaruhi oleh genetik, kadar lemak tubuh dan kondisi lain seperti kondisi otot dada, olahragawan / bukan, pola diet, dll. Untuk mengetahui apakah kondisi Anda adalah hipomastia / bukan maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG akan diperlukan. <span style="line-height: 21.8181819915772px;">Hipomastia bisa terjadi / menyerang kedua payudara namun kasus tersering hanya menimpa pada 1 payudara saja.</span><span style="line-height: 21.8181819915772px;"> </span> Hipomastia merupakan kondisi dimana payudara tidak tumbuh berkembang seperti pada normalnya saat seorang gadis mencapai pubertas. Payudara pada hipomastia akan tetap kecil dan tidak mengalami pengembangan sempurna. Penyebab hipomastia bisa dikarenakan adanya :

    1. defek pada otot dada (pektoralis),
    2. kelainan genetik,
    3. mendapatkan radiasi pada daerah dada saat masa kecil,
    4. riwayat operasi pada dada/ payudara sehingga banyak mengambil jaringan lemak dan kelenjar payudara,
    5. pengaruh obat-obatan,
    6. infeksi mononucleosis.
    7. dll.
    Tidak ada obat, krim, herbal dan suplemen yang bisa memperbaiki kondisi hipomastia. Dengan bertambahnya berat badan mungkin payudara Anda akan sedikit bertambah besar akibat dari bertambahnya jaringan lemak pada payudara. Untuk memperbaiki kondisi ini satu satunya cara yang tersedia adalah dengan melakukan operasi perbaikan pembesaran payudara yang mengalami hipomastia. Operasi ini bisa dilakukan setelah gadis mencapai pubertas pada usia 17-18 tahun atau disesuaikan dengan kondisi masing individu. Hubungi dokter ahli bedah plastik di kota Anda untuk mendapatkan info tambahan mengenai operasi pembesaran payudara yang bisa dilakukan dan disesuaikan dengan kondisi Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi