Tanya Dokter

  • Hipospadia pada anak yang prematur

  • Dok, saya mau konsultasi. Anak saya lahir prematur, dan sejak lahir dia mengalami kelainan hipospadia. Skrang dia berumur 1 tahun. Kira2 oprasinya di lakukan kapan ya?
    Yuniantri Yuni Pangkondobu  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Yuniantri,

    Hipospadia merupakan masalah kelainan anatomis pada anak dimana letak ujung uretra tidak pada posisi yang normal. Kelainan ini dapat timbul pada beberapa letak mulai dari hanya bergeser sedikit atau jauh dari normal dan dekat dengan skrotum atau buah zakar. Selain letaknya yang tidak normal, hipospadia juga dapat membuat perbedaan bentuk penis sehingga dapat melengkung kearah tarikan uretra.

    Gejalanya dapat berbeda-beda tergantung dari letak lokasi lubang uretra. Gejala dapat timbu seperti kulup yang tidak berkembang dibawah penis, penis yang melengkung, percikan abnormal saat buang air kecil. Penanganan sendiri dilakukan dengan operasi baik yang dilakukan melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu untuk menilai keabnormalan pada alat kelamin tersebut. Jika letaknya terlalu jauh dari ujung penis maka operasi dapat segera dilakukan, idealnya operasi dilakukan saat anak berusia 4 bulan sampai 1,5 tahun. Operasi akan dilakukan untuk memposisikan uretra pada lokasi yang seharusnya. Untuk itu perlu untuk dikonsultasikan kembali pada dokter bedah mengenai kondisi anak Anda dan rencana penanganannya.

    Komplikasi yang dapat terjadi jika tidak dilakukan perbaikan letak uretra sendiri diantaranya seperti gangguan saat berkemih, penis melengkung tidak normal, bentuk yang tidak normal, dapat menimbulkan masalah pada masa nanti seperti gangguan ereksi dan ejakulasi serta gangguan psikologis.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.