Tanya Dokter

  • Penularan dan gejala HIV

  •  ina
    Anggota
    dok, saya mau bertanya, kalau seandainya sudah melakukan hubungan seks sebanyak 7 pasangan namun semuanya tidak terdeteksi HIV apa saya akan mengalami riwayat HIV, sedangkan saya melakukan hubungan tsb dengab jangka waktu yg tidak dekat, dan apa ada gejala yg saya rasakan saat ini dok, mohon jawabannya ..
    ina  dr. F. Sutandi
    Dokter

    Halo,

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter. Perlu diketahui bahwa seringkali pasien dengan HIV tidak memiliki gejala yang jelas. Mereka tampak normal dari luar dan apabila dilakukan pemeriksaan darah 1 bulan setelah hubungan seksual berisiko baru mereka positif HIV. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa salah satu dari 7 pasangan seksual Anda terkena HIV sehingga Andapun berisiko terkena HIV.

    Pada usia 2-3 minggu setelah melakukan tindakan berisiko, HIV biasanya memiliki gejala demam yang tidak kunjung turun disertai dengan gejala seperti flu. Ada juga bengkak yang terjadi di seluruh tubuh. Biasanya HIV ini tidak bergejala sampai 4-5 tahun setelah tindakan berisiko. Setelah 4-5 tahun akan muncul gejala seperti batuk yang tidak kunjung sembuh dan juga sesak bahkan penurunan kesadaran.

    Apabila Anda takut tertular HIV, Anda dapat melakukan pemeriksaan antibodi HIV (tes VCT) yang dapat dilakukan di puskesmas terdekat. Pemeriksaan antibodi ini dapat dilakukan bebas biaya apabila dokter merasakan perlu dilakukan pemeriksaan HIV ini.

    Salam Sehat,

    dr.Sutandi