Tanya Dokter

  • Seperti apa tanda-tanda terkena HIV?

  •  steve
    Anggota

    Malam dok. Saya mau tnya nih. Sebulan lalu saya pernah berhubungan badan dengan seorang wanita tanpa alat kontrasepsi yg tidak di ketahui indentitas nya. Skrang saya mengalami sakit tengorokan, batuk, flu dan demam. Apakah gejala ini mirip dengan hiv aids? Apakah saya terkena hiv? Cara cek nya gmana ya dok? Apakah harus cek darah ? Bisa di cegah? Mohon di jawab. Thanks

    Halo,   Anda bisa melakukan pengecekan anti HIV 3 bulan paska bersetubuh yang memiliki resiko. Dilakukan setelah 3 bulan karena adanya periode jendela dimana anti HIV baru akan terbentuk 3 bulan setelah terinfeksi. Anda bisa melakukan pengecekan mengenai HIV ini pada RS besar atau yayasan khusus yang menangani permasalahan HIV AIDS. Pengecekan anti HIV akan menggunakan medium darah dan dicek di laboratorium untuk mencari adanya anti HIV pada tubuh, Jika reaktif (berarti Anda positif mengidap HIV) maka pemberian obat antiretroviral untuk mengontrol virus akan diperlukan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa bisa dilakukan profilaksis pencegahan infeksi HIV dengan cara meminum obat antiretroviral 24 jam paska hubungan yang beresiko. Namun metode ini hanya mengurangi kemungkinan terinfeksi HIV tidak mencegahnya. Pencegahan HIV adalah dengan melakukan :

      <li style="text-align: left;">berpantang seks bebas <li style="text-align: left;">Gunakan kondom <li style="text-align: left;">Setia kepada pasangan yang bebas HIV.
    Baca diskusi mengenai HIV - AIDS dan Gejala HIV. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi