Tanya Dokter

  • kapan gejala awal hiv muncul?

  • Pagi dok,sy mau nanya setelah mlkkan hbngan intim dg pndrta hiv brpa lma virus hiv akan menampakan gejala awal bagi kita dok??

    Hello, Infeksi HIV memang dapat menular melalui hubungan seksual, namun tidak semua yang melakukan hubungan seksual dengan ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) tertular HIV. Beberapa factor yang meningkatkan risiko penularan HIV adalah:

    1. Jika hubungan seksual tidak menggunakan pengaman
    2. Jika terdapat luka di organ intim
    3. HIV yang diderita merupakan stadium lanjut
    4. Disertai dengan penyakit menular seksual
    5. Jika ODHA tidak mengkonsumsi obat antiretroviral (obat HIV)
    6. Jika ODHA memiliki kadar virus yang tinggi
    7. dan lainnya
    Gejala pertama HIV sangat tidak jelas, karena lebih menyerupai seperti penyakit flu biasa. Dan selama bertahun-tahun (hingga lebih dari 10 tahun, tergantung dari daya tahan tubuh) tidak akan menunjukkan gejala apapun hingga sampai ke stadium akhir. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk HIV setelah 1 bulan setelah melakukan kontak seksual dengan ODHA. Berikut adalah laman yang membahas tentang risiko penularan dan gejala-gejala HIV : http://www.cdc.gov/hiv/policies/law/risk.html http://www.alodokter.com/hiv-aids/gejala/ http://www.alodokter.com/memeriksakan-diri-untuk-deteksi-HIV Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

    Saya memang pernh melakukan hbngan intim,tp saya kena spilis dok lalu sya pergi ke klinik dan d suntik spilisnya hilang,kemungkinan apa bisa saya terkena hiv dok?

    Tolang balasan nya dok...

    Gimana dok??

    Hello Bhily, Kemungkinan untuk tertular penyakit HIV tentunya tetap ada jika melakukan hubungan seksual dengan ODHA. Namun persentase kemungkinan tertularnya berbeda antara berhubungan dengan ODHA yang minum obat dengan yang tidak, berbeda juga jika berhubungan dengan ODHA yang memiliki penyakit menular seksual dengan yang tidak, dan lain-lainnya sesuai dengan factor-factor yang sudah disebutkan diatas. Faktor-factor yang dimaksud diatas bukanlah factor-factor yang ada pada di penerima hubungan seksual namun yang terdapat pada ODHA-nya. Untuk lebih jelas, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter minimal 1 bulan setelah melakukan hubungan seksual dengan ODHA untuk memeriksakan apakah terinfeksi atau tidak. Semoga bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean  

    Udh 2 bulan yg lewat dok,dalam wktu 2 blan itu biasa nya ada nampak gejala nya dok??

    Hello Bhily, Gejala-gejala yang dapat terjadi dalam 2 bulan pertama bila menderita HIV :

    1. Demam
    2. Sakit kepala
    3. Sakit tenggorokan
    4. Nyeri otot
    5. Nyeri tulang-tulang
    6. Mencret
    7. dan lainnya
    Gejala-gejala pada stadium awal sangat tidak khas, hampir sama seperti gejala-gejala penyakit flu. Untuk itu diagnose HIV pada awal-awal tidak bisa ditegakkan hanya dengan melihat gejal-gejala yang dialami tanpa konsultasi, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah. Untuk info yang lebih lanjut mengenai gejala yang mungkin terjadi pada penderita HIV dapat dilihat dalam laman : http://www.alodokter.com/hiv-aids/gejala/ Semoga dapat berguna. Salam, dr Henry Andrean

    Gejala-gejala tersebut brpa lma brthan sma kita dok?? Sya cman pernah sekali melakukan hubungan dok tp saya pakai pengaman dok tp kondom trsbut robek dok gk tau dia ODHA atau gk dok sya tanya sma dia gk ada katanya dok,tp sya kena spilis dok krna itu mmbuat aku tkut dok trkna hiv dok?

    Hello Bhily, Untuk mengurangi rasa takut yang dialami karena ketidakpastian tertular atau tidak, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Karena tanpa pemeriksaan medis, status tidak dapat diketahui sama sekali. Dengan kepastian diagnose akan membuat Anda lebih tenang dan tidak menerka-nerka lagi. Salam, dr Henry Andrean

    Ya maksih dok.. Tp mnrut dokter sndri sya ini gmna dok?

    Ya mksih lah dok info nya.. Klo mnrut dokter sndri saya ini gmna??

    Gmna dok??

    Bhily B'denk Room  Rahmat alif
    Anggota

    Apakah kalau terkena hiv itu mengalami semua gejala yg dokter sebutkan?

    Bhily B'denk Room  Dicky Diantino
    Anggota

    Dok saya mau tanya,saya muncul bercak bentol merah di tangan dan kaki,sy lihat itu sipilis,pas sybke dokter kulit disuruh cek darah di prodi*. Kata dokter hasil lab saya positif hiv,tp saya bingung knapa dokter itu bilang sy harus suntik penisilin.sedangkan penisilin bukannya buat sipilis ya ? Mohon balas dok

    Bhily B'denk Room  Mpuh Barodo
    Anggota

    saya mau tanya dok...apakah gejala pertama terkena HIV..dok..soalnya saya pernah hubungan sex dengan mantan saya....yg mantan suaminya pengguna narkoba akut... jd takut ni dok .mohon bantuanya

    Bhily B'denk Room  Aink
    Anggota

    maaf dok sekalian mau bertanya.. cek darah untuk mengetahui penyakit HIV atau kelamin dsb,, ke bagian apa yah di rumah sakit nya.. terima kasih dok

    saya .. Mau nayak juga .. Saya pake condom .. tapi saya tidak isap dada nya dan ,, cium bibir nya ...!! nya ngomong ,, itu menular atau gak .. atau aman ..? Docter

    Bhily B'denk Room  Gian Sirait
    Anggota

    Mau nanya dok bintik di penis dan gatal disebabkan oleh apa Dok,apa penyababnya dan bagaimana caranya mengobatinyadok

    Bhily B'denk Room  Mr. D
    Anggota

    Dicky Diantino January 6, 2016 at 8:24 pm Dok saya mau tanya,saya muncul bercak bentol merah di tangan dan kaki,sy lihat itu sipilis,pas sybke dokter kulit disuruh cek darah di prodi*. Kata dokter hasil lab saya positif hiv,tp saya bingung knapa dokter itu bilang sy harus suntik penisilin.sedangkan penisilin bukannya buat sipilis ya ? Mohon balas dok
    Bro cek darah seperti apa ya? saya juga mau cek darah tapi tidak tau untuk mendeteksi penyakit apa yang saya alami.

    Sok saya pernah melakukan sexs bebas sama psk tapi 1 kali dok udah 6 bulan saya bermain dengan psk tetapi gc ada gejala apa pun dok tapi saya khawatir banget dok apakah gejala HIV nampak berapa lama dok setelah melakukan sexs bebas . tolong beri jawaban dok saya terasa takut banget

    Tolong jawab dok saya ke rakitan banget