Tanya Dokter

  • trauma karena takut tertular hiv

  • Sore pak/buk,kejadian nya 5 bulan yg lewat saya pernah melakukan hubungan sex dengan wanita gk tau wanita itu hiv atau gak,setelah 3 ke jadian itu saya mengalami penyakit kelamin entah apa namanya dan saya di terapi dan sembuh,semenjak kejadian itu saya trauma dok dan setiap saat aku selalu memikirkan apakah saya terkena hiv atau gk membuat saya gk tenang dok,yg saya rasain sekarang ada kedut2an di seluruh tubuh saya dok dan ngilu2 di persendian saya apakah saya kena hiv dok???

    Gimana dok?

    Hai, Untuk mengecek apakah ada infeksi HIV setelah riwayat berhubungan 5 bulan yang lalu, Anda bisa mengecek anti HIV di laboratorium atau RS terdekat. Pengecekan anti HIV >3 bulan pasca expose dianggap telah melewati periode jendela sehingga antibodi HIV bisa ditemukan jika Anda memang terinfeksi (hasil lab akurat). Adapun gejala HIV adalah :

    1. Tahap 1 = biasa tanpa disertai gejala, pada beberapa orang kadang timbul gejala seperti flu yang akan sembuh setelah beberapa hari. Antibodi HIV muncul 3 bulan pasca expose.
    2. Tahap 2 = beberapa tahun kemudian (8-15 tahun) muncul gejala seperti demam > 1 bulan yang tidak jelas penyebabnya, Diare > 1 bulan, Batuk > 1 bulan.
    3. Tahap 3 = Infeksi mulai menjalar ke kulit, paru (mudah terserang TB, Pneumonia dll), Mudah terserang infeksi jamur, Infeksi pada otak dan organ lain. Disini pasien disebut sebagai penderita HIV-AIDS (acquired immunodeficiency sindrome). 
    Jika pada pemeriksaan laboratorium anti HIV non reaktif maka Anda sebaiknya melakukan pengetesan kembali 3 bulan kemudian.Jika hasil kedua non reaktif maka hasil Anda dianggap akurat dan Anda tidak terinfeksi HIV. Untuk itu maka pencegahan akan sangat diperlukan agar Anda tidak terinfeksi HIV di kemudian hari dengan cara :
    1. Berpantang seks bebas
    2. Gunakan Kondom
    3. Setia kepada pasangan
    Jika hasil Anda reaktif maka pemeriksaan lanjutan melalui konseling dll akan diperlukan untuk penatalaksanaan lanjutan. Anda dapat menemukan konseling tentang HIV - AIDS di sini.   Semoga membantu.   dr. Yusi  

    Bhily B'denk Room  mohammad lavida
    Anggota

    kalo misalnya 15 hari yang lalu habis berhubungan seks apa bisa langsung cek dok,,, atau nunggu 3 bulan dulu?