Tanya Dokter

  • Penularan HIV/AIDS

  •  Menanti Pagi
    Anggota

    Dok, apakah jika berhubungan dengan wanita yang sudah terjangkit HIV/AIDS akan langsung tertular meskipun cuma sekali bercinta?

    Mohon penjelasanya.

    Oya dok, pertanyaan saya yg sebelumnya juga blm ada jawaban. Thx!

    Menanti Pagi  Eris Herlambang
    Anggota

    Salam mas.. kyaknya Virus HIV/AIDS tidak lngsung mejangkit kita, dia ada masa inkubasi dulu dalam tubuh (hari/minngu/bulan/ bhkan tahunan ) segera aja mas test darah di Laboratorium Trmksh

    Menanti Pagi  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo, HIV adalah virus yang menyrang kekebalan tubuh manusia. Penularan HIV salah satunya adalah dengan hubungan intim / seks bebas. Apabila seorang laki-laki berhubungan intim dengan wanita secara vaginal, kemungkinan untuk tertular HIV berdasarkan adalah sekitar 4 kasus dari 10.000 kejadian atau sekitar 0,04%. Presentase kemungkinan tertular HIV selengkapnya dapat Anda baca di SINI. Kemungkinan penularan HIV akan meningkat apabila daya tahan tubuh lemah, viral load / jumlah virus tinggi, penderita HIV tidak mengkonsumsi obat ARV, atau jika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu yang membuat penurunan kekebalan tubuh. Apabila Anda sudah pernah berhubungan dengan orang yang positif HIV, sebaiknya Anda melakukan tes HIV 1 bulan setelah perilaku beresiko yang Anda lakukan. Jika hasilnya negatif, lakukan tes HIV ulang 3 bulan setelah perilaku beresiko. Bila perlu dilakukan tes ulang kembali 6 bulan setelah perilaku beresiko untuk hasil konklusif. Kedepannya sebaiknya Anda mencegah penularan HIV dengan:

    • Hindari seks bebas
    • Setia pada 1 pasangan yang sah
    • Gunakan kondom saat berhubungan
    • Pastikan jarum tatto dan tindik steril
    • Hindari narkoba
    Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: HIV AIDS Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y