Tanya Dokter

  • muncul koreng di area kemaluan

  •  Mathieu R N
    Anggota

    Selamat siang dok, saya wanita usia 20th. Saya mau tanya, apakah koreng di kulit area kemaluan (tepatnya kulit yang ditumbuhi bulu kemaluan) pria adalah salah satu tanda dari penyakit HIV Aids?

    Mathieu R N  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Mathieu, HIV adalah virus yang menyerang sistem kebalan tubuh manusia. HIV hanya bisa diketahui dari tes HIV saja. Tidak ada ciri khusus pada tubuh penderita terutama pada masa-masa awal perkembangan HIV. Berikut ini tahapan gejala HIV:

    • Tahap pertama: gejala umum dan gejala seperti flu seperti nyeri tenggorokan, demam, batuk, berat badan turun, diare, nyeri otot, dll dan dapat berlangsung sampai 1 bulan.
    • Tahap kedua: tidak bergejala, tampak sehat seperti orang lain pda umumnya dan dapat berlangsung sampai 10 tahun atau lebih.
    • Tahap ketiga: AIDS dengan gejala bervariasi yang disebabkan oleh kekebalan tubuh sudah sangat menurun misalnya mudah sakit, penurunan berat badan, diare berkepanjangan, luka pada kulit, dll
    Adapun mengenai koreng / luka di area kemaluan bisa dialami oleh orang dengan HIV positif maupun orang yang tidak HIV. Luka di area kemaluan bisa disebabkan karena banyak faktor seperti sifilis, ulkus molle, herpes genital, kudis, dermatitis kontak, iritasi, gesekan, dll. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Apabila Anda pernah melakukan perilaku beresiko, atau pasangan Anda memiliki luka di penis atau area kemaluan, tidak ada salahnya jika Anda melakukan tes HIV. Tes HIV dilakukan 1 bulan setelah perilaku beresiko yang terakhir dilakukan. Jika negatif, lakukan tes HIV ulang 3 bulan setelah perilaku beresiko. Jika masih negatif sebenarnya sudah konklusif, tetapi terkadang dilakukan tyes HIV ulang kembali pada bulan ke 6 agar hasilnya lebih konklusif lagi. Untuk kedepannya sebaiknya Anda mencegah penularan HIV dengan tidak berganti pasangan, setia pada 1 pasangan saja, hindari seks bebas, gunakan kondom saat berhubungan, hindari narkoba, dan pastikan jarum tattoo / tindik steril. Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: HIV AIDS Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y