Tanya Dokter

  • HIV atau tidak?

  •  Syah Pman
    Anggota

    <span style="line-height: 1.5;">pagi dokter,,,, saya mau konsul nih,,, dulu saya pernah satu kali berhubungan intim sama pcar saya yg kerja dikaraoke,,, kira2 saya terkena hiv gak dok,,,? akhir2 ini saya badan sering lmas dan sakit kepala trus ada kaya kutil dipinggir kelamin saya... trus ada bintik2 merah dipori2 bulu paha saya dok.... tolong pencerehan nya dok? terimakasihhhhhhh</span>

    Syah Pman  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, HIV dapat ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh, seperti darah, air susu, sperma, dan cairan vagina. Jika memang pacar anda dulu mengidap HIV, maka mungkin saja anda terkena. Akan tetapi tentunya hal tersebut hanya dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksaan. Pada prinsipnya semua orang yang pernah melakukan perilaku beresiko seperti :

    • hubungan seksual tanpa pengaman dengan bukan pasangannya
    • hubungan seksual dengan multipartner
    • penggunaan jarum suntik bergantian / tidak steril, termasuk pisu cukur, alat tato
    • tranfusi darah yang terkontaminasi
    • ibu HIV ke janinnya
    Saya sarankan anda untuk menjalani VCT / konseling dan tes HIV karena bagaimanapun anda pernah melakukan perbuatan beresiko dan tidak akan pernah dapat dipastikan anda terinfeksi HIV atau tidak jika tidak diperiksa.  Tanda dan gejala HIV dapat anda baca lebih lanjut pada tautan berikut : tanda dan gejala HIV HIV/AIDS memeriksakan diri untuk tes HIV anda dapat melakukan tes HIV pada tempat yang terdaftar sbb : tempat rujukan VCT yang umumnya dapat dilakukan dengan gratis (kalaupun ada biaya umumnya untuk pendaftaran / biaya administrasi) Selain HIV, gejala-yang kamu alami dapat disebabkan oleh beberapa penyakit lain seperti : demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.