Tanya Dokter

  • Tahapan pemeriksaan dan pengobatan hiv

  •  andi212
    Anggota

    dok berapa sih biaya memeriksa infeksi penyakit menular dan HIV aids di rumah sakit? dan tahap2 apa saja klo mau memeriksa HiV itu?

    ciri2 Hiv aids itu gejala awal dan gejala akhirnya apa ya dok? apakah pasti ada demam?

    berat tubuh saya turun 20 kg tapi anehnya udah USG dan kolonoskopi ,pemeriksaan darah,cek gulaa semuanya bagus !,kecuali ada maaq biasa ...tapi saya uda banyak makan tetap turun badan terus,,nah saya sangat jarang demam dan Bab juga normal dan biasa..

     soalnya saya juga belum menikah umur 31.tetapi pernah sih ML sama janda 7x ,,tetapi dia janda bersih dok,bukan janda yg liar.memang sih tidak pake kondom waktu itu,

    apa saya mungkin terkena HIV dok makanya badan saya turun terus kayak skg uda 20 kg turun selama 8 bulan?

     

    Halo andi212.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, HIV yang kepanjangannya adalah Human Immunodeficiency Virus, merupakan penyakit yang virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh serta melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

    HIV belum dapat disembuhkan, akan tetapi terdapat pengobatan yang dapat digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan ini juga akan membuat penderitanya hidup lebih lama, sehingga bisa menjalani hidup dengan normal.

    Dengan pendiagnosaan HIV secara dini, dan penanganan yang efektif, pengidap HIV sebagian besar tidak akan berubah menjadi AIDS, dimana AIDS merupakan Stadiun akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap AIDS, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

    Diperkirakan, sekitar 8 dari 10 orang yang terinveksi HIV mengalami gejala ( tahap pertama ) diantaranya adalah : tenggorokan sakit, demam, muncul Ruam ditubuh yang biasanya tidak gatal, pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan, diare, kelelahan, nyeri otot dan persendian.

    Untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi yang Anda alami saat ini, kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkain pemriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin,tes HIV, dll., sehingga akhirnya segala sesuatunya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HIV

    Demikian penjelasan dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati