Tanya Dokter

  • Apakah saya berisiko terinfeksi HIV dan seperti apa gejalanya?

  • Dok saya ada melakukan hubungan seksual dengan psk itu pertama dan terakhir x nya saya melalakukan perbuatan beresiko itu, ditambah saya ada tonsilitis,saya harus menunggu 3 bulan lagi untuk pemeriksaan tes hiv, yang mau saya tanya kan 1. Apa yang harus saya lakukan selama 3 bulan ini? 2. Selama 3 bulan apakah boleh ciuman bibir dan onani? 4. Apakah saya terinfeksi dan gejalanya seperti apa? 5. Penatalaksanaan dan pencegahannya seperti apa dok?

    Hai 1. Beberapa data penelitian mengatakan jangka waktu dapat terjadinya perubahan hasil tes antibodi HIV pada darah dari negatif menjadi positif berkisar minimal 3 bulan - 10 tahun setelah terpapar infeksi. Namun tidak selalu dan tidak dapat diketahui kapan pastinya untuk positif dan apakah akan positif, sehingga sebaiknya menghindari faktor risiko penularan HIV seperti jarum suntik pada narkoba, hubungan seksual bebas, jarum tatto yang tidak steril, dll. Yang Anda lakukan adalah menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, dan melakukan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, dan diet seimbang. Jika Anda terpapar faktor risiko HIV dan khawatir terinfeksi HIV, Anda dapat berkonsultasi ke poli VCT pada rumah sakit atau puskesmas terdekat di tempat Anda. 2. HIV sangat kecil kemungkinannya ditularkan melalui air liur. Dan pada onani  tidak akan menyebabkan penularan HIV, karena onani dilakukan sendiri tanpa adanya kontak. 3. Untuk mengetahui apakah terinfeksi atau tidak hanya dari hasil pemeriksaan antibodi dalam darah. Pada fase awal biasanya tidak bergejala sama sekali atau hanya bergejala ringan, seperti:

    • Demam
    • Nyeri tenggorok
    • Mencret
    • Batuk pilek
    • Pegal-pegal.
    HIV akan bergejala berat bila daya tahan tubuh semakin lemah akibat terserang virus HIV. Sampai pada fase terjadi gejala-gejala berat yang disebut sebagai AIDS. 4. Sampai sekarang HIV-AIDS belum ada obat untuk menyembuhkan. Yang ada adalah obat untuk menekan virus agar melemah sehingga tidak merusak daya tahan tubuh. Dan juga obat-obatan sesuai gejala dari komplikasi HIV yang timbul. Dibutuhkan olahraga rutin, istirahat cukup, pola hidup sehat dan bersih agar daya tahan tubuh kuat dan tidak mudah sakit. Pencegahan tertularnya HIV antara lain:
    • Tidak memakai jarum suntik bergantian seperti pada pengguna narkoba
    • Tidak hubungan seksual bebas
    • Tidak menggunakan tatto dengan peralatan yang tidak steril.
    Informasi lengkap mengenai HIV-AIDS dapat Anda baca pada ulasan alodokter.com pada tautan berikut ini: Apa gejala, penanganan dan pencegahan dari HIV? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Dokter saya hampir 2 tahun mengalami tonsilitis, 2x berobat ke dr tht hanya dikasih obat saja. Tidak ada keluhan tetapi sejak akhir bulan mei kemarin saya melakukan perbuatan beresiko tonsil saya mulai kumat tenggorokan saya seperti ada dahak nya perut terasa menghisap, cepat haus dan 2 minggu sejak terpapar mata saya terkadang terasa panas disaat malam hari atau pun kena hujan, saya merasa berat badan saya turun. Apakah saya terinfeksi hiv? Selama menunggu 3 bulan tes hiv bolehkah saya operasi tonsilitis?? Apa yang harus saya lakukan selama 3 bulan ini??