Tanya Dokter

  • Kemungkinan penularan HIV/AIDS

  • sedikit review dok,sy berumah tangga sudah 3 tahun 6 bulan,pertengahan bulan lalu istri sy dirawat di rs dikarenakan penyakit hiv/aids,lantas sy dan anak sy berumur 2,4 tahun melakukan test hiv di 2 rumah sakit,hasilnya sy non reaktif anak reaktif,sy melakukan hubungan intim sekitar tanggal 4 mei 2015,sedangkan sy melakukan pengetesan tanggal 13 juli dan 22 juli 2015,yang sy tanyakan apakah sy masih punya kemungkinan tertular hiv?

    Maksum Pulungan  Maksum Pulungan
    Anggota

    Maksum Pulungan August 7, 2015 at 7:07 pm sedikit review dok,sy berumah tangga sudah 3 tahun 6 bulan,pertengahan bulan lalu istri sy dirawat di rs dikarenakan penyakit hiv/aids,lantas sy dan anak sy berumur 2,4 tahun melakukan test hiv di 2 rumah sakit,hasilnya sy non reaktif anak reaktif,sy melakukan hubungan intim sekitar tanggal 4 mei 2015,sedangkan sy melakukan pengetesan tanggal 13 juli dan 22 juli 2015,yang sy tanyakan apakah sy masih punya kemungkinan tertular hiv?
     

    Maksum Pulungan  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Pak Maksum, Dalam infeksi HIV, terdapat masa yang disebut sebagai periode jendela (window period), yakni dimana tubuh sudah terinfeksi HIV tetapi jika diperiksa, hasilnya masih negatif. Window period HIV umumnya dapat berlangsung hingga 3-6 bulan. Akibatnya, tes HIV perlu diulang 3 bulan setelah hubungan / perilaku beresiko terakhir untuk memastikan apakah yang bersangkutan benar-benar negatif. Jika terakhir anda berhubungan tanggal 4 Mei, maka anda perlu melakukan pemeriksaan ulang di Bulan Agustus ini. Sehingga jika anda terakhir periksa tanggal 22 Juli, maka masa itu masih termasuk dalam periode jendela dan masih ada kemungkinan anda terkena HIV meski hasil tes negatif. diagnosis HIV/AIDS memeriksakan diri untuk deteksi HIV demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

    Maksum Pulungan  Maksum Pulungan
    Anggota

    Bagaimana dengan anak saya dok,dia sudah tertular,karna hasilnya reaktiv,,sekarang dia sudah mulai menjalani terapi obat arv,untuk anak,,yang tanyakan,apakan anak saya selama memakan obat tersebut dia tidak akan mengalami masalah kesehatan?apakah dia dapat bertumbuh kembang seperti anak norml lainnya?berarti selama saya berumah tangga,sudah 3,6 tahun,,virus itu belum dapat masuk terhadap sy begitukan dok,tinggal saya menunggu window period 3 bulan lagi?

    Maksum Pulungan  dr. Rico N
    Dokter

    Untuk andak yang sudah terdiagnosa HIV maka mau tidak mau harus terus meminum ARV, obat itu tidak akan menyembuhkan karena sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan HIV tetapi akan menekan virus tersebut, bahkan sampai pada tahapan penderita hidup normal dan tampak sehat seperti kebanyakan orang, akan tetapi semua itu tentunya tergantung pada banyak hal, termasuk kepatuhan dalam menjalani pengobatan. Justru obat tersebut diminum supaya menjaga kekebalan tubuh anak tetap baik dan jumlah virus di tubuhnya minimal, karena jika tidak maka jumlah virus akan meningkat dan menghancurkan kekebalan tubuhnya yang berujung pada munculnya berbagai penyakit oportunistik yang bahkan dapat berujung pada kematian. Ya, karena hubungan terakhir tersebut masih mungkin sebagai pintu masuk penularan.

    Maksum Pulungan  Maksum Pulungan
    Anggota

    Doakan agar jangan tertular ya dok,,,jangan bilang mungkinlah dok,,,bilang saja mudah-mudahan anda tidak tertular.terima kasih pak dokter.

    Maksum Pulungan  dr. Rico N
    Dokter

    Selalu Pak, saya tentunya mendoakan agar hasil tesnya negatif / tidak tertular dan anda sekeluarga tetap sehat-sehat selalu. Pesan saya, karena istri dan anak sudah dinyatakan +, maka pastikan agar mereka kontrol rutin, minum obat ARV sesuai dengan petunjuk. Dengan demikian, mudah-mudahan meskipun terkena penyakit tersebut, tetapi kualitas hidup dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

    Maksum Pulungan  Maksum Pulungan
    Anggota

    Terima kasih banyak pak dokter

    Maksum Pulungan  Maksum Pulungan
    Anggota

    Sore Pak Dokter,,Jika Begitu Berarti Awal Pembawa Penyakit HIV Tersebut Bukan Dari Sayakan Pak Dokter?

    Maksum Pulungan  Made Restu
    Anggota

    Apakah istri anda terlihat sehat2 saja sejak menikah sampai akhirnya sakit dan dirawat, bagaimana kondisi anak anda apakah sehat2 saja? Apakah dia menunjukkan gejala tidak normal seperti anak sebayanya?