Tanya Dokter

  • Hubungan antara psikologis dengan penyakit HIV

  • selamat malam dokter saya mau bertanya. Dari sisi Psikologis mengapa HIV/AIDS bisa menyerang seseorang. Simple nya hubungan psikologis dan penyakit tersebut, Trimakasih

    Hai Cintia,

    Perlu diketahui bahwa virus HIV dapat menyerang seseorang yang terpapar langsung dengan virus tersebut. Terpapar dapat melalui cara : Penularan lewat jarum suntik, dari ibu ke bayi yang dilahirkan, hubungan seksual tanpa pengaman dengan penderita HIV, kontak langsung dengan cairan penderita HIV di bagian tertentu tubuhnya.

    Berdasarkan hal di atas, tidak ada pengaruh psikologis untuk seseorang kemudian dapat terkena virus HIV.

    Tetapi, secara psikologis, seseorang dengan HIV/AIDS akan banyak memiliki masalah mental. Hal ini dapat terjadi akibat stigma bahwa HIV dan AIDS adalah penyakit mematikan yang tidak ada obatnya. Penderita yang baru mengetahui bahwa dirinya terkena virus HIV akan mengalami stres, depresi dan kemarahan. Kondisi ini dapat berlama lama bahkan semakin parah, akibat kondisi sosial yang umumnya kurang menerima orang dengan HIV/AIDS atau ODHA. Karena itu, hubungan dengan teman dan pasangan, bahkan keluargapun akan terganggu. Secara finansial biasanya juga akan terganggu akibat tidak dapat memiliki pekerjaan. 

    Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan dukungan dari orang lain di sekitar penderita, untuk dapat memperbaiki kondisi mental yang kerap terjadi ini. Beberapa yayasan khusus HIV dan AIDS telah membentuk komunitas khusus hal ini.

    Langkah langkah seperti itu yang penting untuk semakin digalakkan di banyak tempat, agar para ODHA dapat memiliki hidup yang lebih berkualitas.

    Silahkan baca artikel berikut:

    Kelompok dukungan sebaya Spiritia

    Aspek psikologis HIV

    Semoga bermanfaat bagi Anda