Tanya Dokter

  • Mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan serta kaitannya dengan kehamilan

  •  Channa Khanna
    Anggota

    Hai doc , saya berumur dan sudah menikah 27. December lalu .. doc aku ingin bertanya , pada bulan ini aku mengalami haid 2 kali apa kah itu normal atau aku hamil ? Pertama haid aku tanggal 2 May dan berakhir pada 7May dan sekarang 25 may aku mengalami haid lagi , pada haid aku sich aku merasa biasa aja nggak sakit , tapi buat kedua kali haid aku , aku rasa sakit di bahagian punggung dan juga rasa sakit bahagian bawah perut dan merasa sakit di bahagian kedua payudara ku . Aku takut kalo kalo ada terjadi pendarahan di rahim ku . Apa itu normal atau ngak, karna ini pertama kali aku mengalami haid 2 kali , apa aku hamil atau.sebaliknya ? Apa doc bisa Bantu saya?

    Hai,   Untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak maka Anda bisa melakukan pengecekan sederhana dengan melakukan testpack sendiri di rumah. Alat ini bisa Anda beli di apotik. Jika terdapat 2 garis dari hasil testpack tersebut maka Anda sedang dalam kondisi hamil dan haid disertai nyeri tesebut merupakan tanda terjadinya perdarahan / keguguran pada Anda. Baca artikel Tanda kehamilan. Jika dilihat dari tanggal siklus menstruasi Anda  pada pertama kali Anda mendapat haid tanggal 2 mei dan haid kedua pada tanggal 25 mei maka sebenarnya siklus menstruasi Anda masih berada pada kisaran normal. Kisaran normal siklus menstruasi yaitu 21-35 hari setiap siklusnya dengan lama periode sekitar 2-7 hari setiap siklusnya. Karena siklus Anda yang terakhir terjadi pada 23 jari maka berarti siklus menstruasi Anda masih normal. Keluhan nyeri pada dada, perut dan pinggang Anda bisa jadi merupakan gejala dari siklus menstruasi bulanan Anda akibat hormonal Anda. Hal ini sering dialami setiap wanita menjelang dan saat haid hari pertama dan dikenal dengan istilah PMS ( Pre Menstrual Sindrom ). Baca topik PMS dan artikel Mewaspadai menstruasi yang tidak normal. Penyebab lain keluhan Anda bisa disebabkan kelainan medis seperti :

    1. Keguguran.
    2. Polip rahim
    3. Penggunaan IUD.
    4. Gangguan pembekuan darah.
    5. jaringan luka pada rahim
    6. Penyakit radang panggul
    7. dll
    Jika Anda merasa khawatir maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan dan melakukan tes medis seperti USG dll. Dengan mengetahui penyebab keluhan Anda maka pengobatan bisa diberikan. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Channa Khanna  Channa Khanna
    Anggota

    Ma kasih atas jawapan nya doc , kini aku merasa lega sikit ...tapi buat haid aku yg kedua ini aku mengalami sepanjang 3 hari sudah , belum pasti esok apa masih ada atau nggak , karna sich rasa sakit itu udah berkurangan . Bagai mana cara mengunakan alat yes kehamilan ? Apa saat bangun tidur itu lebih baik ya doc ? Apa selepas saya berhubungan dgn encik suami dlm masa 7 hari baru saya bisa menggunakan alat tes urine itu ? Mohon di jawap ya doc , karna aku Dan suami sangat menginginkan cahaya mata .

    Channa Khanna  Channa Khanna
    Anggota

    Ma kasih atas jawapan nya doc , kini aku merasa lega sikit ...tapi buat haid aku yg kedua ini aku mengalami sepanjang 3 hari sudah , belum pasti esok apa masih ada atau nggak , karna sich rasa sakit itu udah berkurangan . Bagai mana cara mengunakan alat tes kehamilan ? Apa saat bangun tidur itu lebih baik ya doc ? Apa selepas saya berhubungan dgn encik suami dlm masa 7 hari baru saya bisa menggunakan alat tes urine itu ? Mohon di jawap ya doc , karna aku Dan suami sangat menginginkan cahaya mata .

    Malam bunda channa. Sebaiky anda mlkukan hubgn intim rutin stiap hri, minimal 2-3x seminggu . Q jg kmrn pengen momongan. Alhmdulillah skrg sdh hamil. N anda sebaiky melakukan tes kehamilan jika haid anda terlambat... kmrn q telaty 2 mingg 4 hri . N bgusy tes.y pagi. Air kencig pertama saad bangun tidur.

    Doc..,saya mau tanya,umur saya 15 tahun,saya baru pertama kali mens tanggal 7 mei kemarin,selesai nya tanggal 14 mei,tapi sekarang tanggal 24 mei,saya mens lagi. Apakah normal doc?

    Doc,saya mau tanya. Saya dalam satu bulan mengalami haid 2kali, haid pertama tgl 6 Juni,setelah itu haid ke2 tgl 22 Juni, apakah itu normal doc?

    Channa Khanna  Sherly Damikka
    Anggota

    Yth. ALODOKTER Dok,saya wanita umur 22tahun...pengalaman saya sama dengan mbak channa khanna tanggal menstruasi 2x. Tapi bulan juni sampai sekarang kok belum menstruasi ya dok? Cara mengatasinya bagaimana apa ada obat khusus biar menstruasi? Karena badan terasa pegal-pegal kalau tidak menstruasi. Padahal saya tidak berhubungan intim.