Tanya Dokter

  • Kaitan onani dengan peningkatan hormon dopamin

  •  Rama Osd
    Anggota
    permisi mau tanya kalau onani sebenarnya itu meningkatkan hormon dopamin apa justru mengurangi dan mengakibatkan kekurangan hormon dopamin tolong jawaban nya.. .

    Halo, Rama. Dopamin adalah suatu neurotransmitter yang terbentuk di otak yang berfungsi sebagai pengantar pesan atau rangsangan antar saraf, dan sebagai hormon. Neurotransmiter adalah senyawa yang menghantarkan sinyal atau rangsangan antar sel saraf atau antara sel saraf dengan sel lainnya. Di dalam otak (susunan saraf pusat), dopamine memiliki peran dalam mengatur pergerakan, pembelajaran, daya ingat, emosi, rasa senang, tidur, dan kognisi. Hormon dopamin berpengaruh pada rasa menyenangkan dari jatuh cinta, gembira, motivasi, dan rasa percaya diri. Meski demikian, jika hal tersebut berlangsung berlebihan bisa berbahaya.

    Saat melakukan onani, maka akan timbul perasaan bahagia. Semakin banyak jumlah dopamine yang mampu diproduksi oleh otak, maka rasa bahagia, senang akan semakin kamu rasakan. Perbuatan  yang menyebabkan rasa bahagia atau dalam artian perbuatan yang banyak menghasilkan dopamine, akan terekam di otak,dan kemudian otak secara alami akan terus terstimulasi untuk mengulang kembali perbuatan yang menyebabkan rasa bahagia tersebut. Seringnya melakukan masturbasi akan merangsang fungsi saraf parasimpatik yang memproduksi hormon seks seperti asetilkolin, dopamin dan serotonin. Dalam tingkatan tertentu akan menimbulkan kecanduan sehingga otak akan menuntut untuk terus melakukan perbuatan bahkan yang lebih untuk mencapai kepuasan.

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S