Tanya Dokter

  • Hormon kortisol menyebabkan turun badan?

  •  andi212
    Anggota

    benarkah hormon kortisol menyebabkan penurunan  berat badan..?

    saya orangnya dari dulu gampangan  stress dan pemarah..ternyata sekitar 1 tahun yg lalu saya srg sakit punggung kanan bawah di daerah deket kemalauan kanan sampe ke pinggang bawah kanan,gejalanya nyeri kayak ketusuk tusuk..tapi kadang hilang kadang muncul.. dan srg lemas2 ,demam jarang ,batuk jarang.

    tapi berat badan saya turun drastis  15 kg selama 1 tahun tanpa diet/olaharga test pemeriksaan fisik yg sudah dilakukan selama 1 tahun ini diantaranya yakni:

    1.BNO ivp 1 x ,Rontgen dada dan punggung 3x,USG 5x,cek darah lengkap 4x,PSA 1x,Glukosa 5x. DAN hasilnya semunya menunjukan NORMAL.

    pertanyaan,

    1.apakah bisa jadi penurunan berat badan saya yg drastis  ini akibat hormon kortisol itu?perlukah saya cek darah hormon kortisol??  saya sudah banyak coba makan tapi tetap nga naik2 berat badan saya? 

    2.Bisakah sakit punggung kanan bawah itu yg menyebabkan penurunan berat badan drastis ini dok??

    Halo,

    Berikut jawaban untuk pertanyaan Anda :

    1. Hormon kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal di dalam tubuh, Secara alamiah memang hormon kortisol dikeluarkan lebih banyak oleh tubuh ketika seseorang mengalami stress baik secara fisik (saat mengalami penyakit berat, kurang tidur, terlalu lelah) dan emosional. Pengeluaran hormon kortisol di dalam darah, justru membuat berat badan secara perlahan mengalami peningkatan. Hormon kortisol membuat tubuh melakukan penyimpanan sel lemak terutama di perut dan pinggang. Pada gangguan kelenjar adrenal yang disebut Penyakit Addison, dimana terjadi penurunan hormon kortisol, memang dapat terjadi penurunan berat badan yang drastis. Namun penyakit Addison juga disertai keluhan-keluhan lain, simak di sini mengenai Penyakit Addison. Perlu/tidak melakukan pemeriksaan hormon kortisol hanya dapat ditentukan dengan menjalani pemeriksaan medis langsung dengan Dokter Anda. Tes kadar hormon kortisol merupakan pemeriksaan penunjang yang berfungsi sebagai penunjang analisis medis Dokter, sehingga rujukan melakukan semua tes laboratorium berdasarkan pertimbangan profesional Dokter. Menambah berat badan dengan makan banyak saja, sering tidak memberikan hasil yang optimal. Perhatikan pola hidup Anda, lakukan secara konsisten pola hidup sehat secara menyeluruh. Baca di sini mengenai Tips Menambah Berat Badan.
    2. Sakit punggung dimana Anda sudah melakukan pemeriksaan medis yang lengkap dengan Dokter dan dinyatakan bahwa secara umum kondisi tubuh Anda normal, seharusnya bukan merupakan penyebab sakit punggung yang Anda alami. Silahkan kembali berdiskusi dan berkonsultasi dengan Dokter yang melakukan pemeriksaan dan perawatan medis langsung pada diri Anda untuk menentukan penyebab dan diagnosis penurunan berat badan yang Anda alami.

     

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.