Tanya Dokter

  • Tentang pemeriksaan usia kehamilan

  •  Rara Andini
    Anggota

    malam dok,umur kehamilan saya menurut kalender bidan 38 mnggu.hpht 23 feb 2016.saya menjalani usg sudah 6x.yg pertama d umur kehamilan 5 minggu.hpl 5 des 2016.kdua,ketga hpl tgl 6 des 2016.tetapi brbeda keempat klima keenam usg dgn hpl tgl 20des 2016.dan hasil usg tsbt umur khamilan saya beda dgn bidan. yg mau saya tnyakan.mana yg hrus sya percya?apakah usg bsa salah kira? dan berapa umur kehamilan saya yg sbnarnya.?

    Rara Andini  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Rara, Untuk menentukan usia kehamilan dan memperkirakan hari perkiraan lahir (HPL) dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan menghitung hari pertama haid terakhir (HPHT), perhitungan menggunakan USG dan pengukuran tinggi fundus uteri atau puncak rahim. Metode HPHT dan USG dapat berbeda karena pada pemeriksaan USG yang digunakan untuk menentukan usia kehamilan dan HPL adalah panjang tulang bayi dan lingkar kepala bayi. Pada awal kehamilan pemeriksaan USG lebih akurat tetapi ketika janin lebih dewasa pemeriksaan USG tidak bisa memberi informasi akurat karena pada masing-masing perkembangan janin berbeda-beda. Tetapi keduanya memberikan gambaran kapan perkiraan hari lahir akan tiba. Jika menggunakan HPHT tgl 23 februari 2016 maka HPL Anda adalah 30 November 2016 dan saat ini memasuki minggu ke 38 kehamilan. Semua itu tentunya hanya perkiraan, janin dikatakan matang ketika usia kehamilan 37 minggu dan persalinan dapat terjadi antara 37 minggu - 42 minggu. Untuk itu perlu dipelajari lebih lanjut mengenai tanda-tanda akan melahirkan yang muncul dan periksakan diri pada dokter 1 minggu sekali saat memasuki masa-masa persalinan. Baca juga artikel mengenai hamil bulan kesembilan dan persiapan melahirkan. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.

    selamat siang dokter, saya mau tanya sekarang saya sedang hamil ke 3 calon anak ke 2,hpht 19 okt 2016 anak pertama usia 6 th,kehamilan kedua saya BO...hari ini saya periksa ke spog di usg abdomen blm terlihat di usg transvaginal terlihat GS uk. 4,5 mm...dengan uk segitu kata dokter terlalu kecil... yg mau saya tanyakan msh bisakah janin ini berkembang baik,krn saya trauma dgn kehamilan kedua yg mengalami BO...dan uk GS seharusnya brpa ??? Terima kasih...