Tanya Dokter

  • mengobati kutil kelamin dengan salep

  •  Permata Sary
    Anggota

    siang dokter, maaf dok, tadi saya sudah baca tentang hpv, ada dokter menyarankan untuk pakai salep EFUDIC, apa itu akan mengurangi dok? thx

    Permata Sary  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Permata, HPV atau human papillomavirus merupakan virus yang bisa menyebabkan beberapa gejala pada tubuh seperti misalnya kutil pada sel kulit seperti pada kaki dan tangan ataupun kutil di kelamin. Infeksi HPV dapat terjadi jika terjadi sentuhan langsung ataupun pada kutil kelamin terjadi penularan pada saat berhubungan seksual. HPV juga menjadi pemicu timbulnya kanker salah satunya adalah kanker serviks. Pengobatan infeksi HPV pada kulit dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan obat ataupun prosedur operasi. Penggunaan obat oles dapat digunakan tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkan kutil. Beberapa obat oles yang dapat digunakan diantaranya yang memilik kandungan:

    • Asam salisilat
    • Asam trikloroasetat
    • Imiquimod
    • <i>Podophyllotoxin </i>yang berfungsi menghancurkan jaringan pada kutil kelami
    Sedangkan prosedur bedah yang dapat dilakukan seperti bedah dingin atau cryotherapy, bedah elekro, operasi pengangkatan ataupun bedah laser. Penggunaan salep yang anda sebutkan merupakan salep yang mengandung fluorouracil yang memiliki efek samping seperti rasa terbakar dan juga efek samping pada ibu yang sedang hamil atau menyusui. Oleh sebab itu periksakan diri Anda pada dokter atau dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang paling sesuai untuk Anda. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.