Tanya Dokter

  • Informasi seputar HPV

  •  krisko
    Anggota

    sore dok,

    Saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai HPV. Sekitar 1 tahun yang lalu sy melakukan test pap smear dan hasilnya adalah normal jadi tdk dianjurkan utk pemeriksaan lebih lanjut, hanya disarankan utk melakukan pap smear 1 tahun kemudian.

    Setelah 1 tahun ternyata saya terkena kutil di kelamin saya, sudah saya periksakan ke dokter kulit dan kelamin, mereka sudah memberikan pengobatan oles. Kata dokter kutilnya kecil, tidak banyak dan tidak berbahaya, saya diminta kontrol lagi 1 minggu kedepan.

    Lalu saya mencari tau apa itu kutil kelamin, apa penyebabnya dan bagaimana disembuhkan. Ternyata kutil kelamin di sebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11 sedangkan penyebab kanker servik adalah tipe 16 dan 18. Penyebabnya ada banyak faktor yang terutama krn hubungan sexual. Penyembuhannya juga dg berbagi macam dri menggunakan obat oles, laser hingga operasi.

    Yang ingin sy tanyakan adl :

    1. Kenapa pada test pap smear 1 tahun lalu tidak terdeteksi adanya infeksi HPV? apakah pap smear hanya dpt mendeteksi HPV tipe 11 dan 18 saja?

    2. Apakah mungkin sebenarnya sy sudah terkena HPV beberapa tahun lalu tapi baru timbul kutil sekarang? atau karena sy baru saja terkena HPV setelah melakukan pap smear?

    3. Apabila kutil sudah di obati dan sembuh, seberapa besar kemungkinan timbul kembali dan apa faktor pemicunya?

    4. Pasangan saya tidak menunjukan tanda2 adanya kutil, apakah tetap sebaiknya diperiksakan dan bagaimana pemeriksaan HPV untuk pria? Bagaimana sebaiknya saya dan pasangan saya menyikapi hal ini?

    Terima kasih.

     

     

    krisko  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Krisko, 1. Pemeriksaan pap smear adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi adanya keganasan / perubahan ganas pada sel-sel serviks (dimana HPV tipe 16 dan 18 adalah penyebab utamanya). Dari sana daapt disimpulkan bahwa pap smear menghasilkan kesimpulan mengenai ada / tidaknya keganasan / kanker bukan ada atau tidaknya HPV, atau dengan kata lain, tidak mendeteksi adanya HPV secara langsung. Pemeriksaan untuk mendeteksi adanya HPV secara langsung dalah dengan melakukan HPV DNA typing. 2. Masa  inkubasi (masa antara infeksi masuk tubuh dan mulai timbulnya gejala) sejak terkena infeksi HPV  hingga terjadinya kutil kelamin waktu tepatnya tidak diketahui, tetapi diperkirakan berkisar antara 3 minggu sampai 8 bulan. Jadi jika melihat angka tersebut, ya, kemungkinan besar anda terkena HPV setelah anda pap smear (12 bulan yll) 3. Kutil kelamin dapat beregresi/hilang sendiri dalam waktu  2 tahun (pada 2/3 pasien), tetapi dapat juga justru hanya mengecil, tetap, membesar ataupun bertambah banyak. Jika pengobatan dilakukan dengan cara non bedah angka keberhasilannya antara  angka kekambuhan bevariasi antara 30-50 % dalam 6 bulan pertama. Dengan teknik bedah eksisi (secara tajam) kekambuhan sekitar 25%. Dnegan kriosurgery/bedah beku 22%. Electrosurgery/dengan kauter 22%. Pemicu kaekambuhan adalah tidak terangkatnya / terbuangnya jaringan yang terinfeksi secara sempurna, dimana hal itu sulit dipastikan karena virus tersebut tinggal di lapisan basal kulit (cukup dalam). Dianjurkan memeriksakan diri/kontrol ulang pada bulan ke 3 dan 6, jika hasil negatif dapat dilakukan konrol tiap tahun. 4. Ya, pasagan harus diperiksakan, karena 2/3 pasangan dari pasien yang memiliki HPV juga memiliki HPV. Pemeriksaan pada pria meliputi pemeriksaan secara gisik untuk melihat adanya kutil, pemeriksaan histoipatologi, dan HPV DNA typing. Pada pasangan (laki-laki) dapat dilakukan terapi jika terdapat indikasi. Secara umum yang penting untuk dilakukan adalah melakukan prevensi atau pencegahan terhadap HPV yang dapat dilakukan dengan vaksinasi HPV quadrivalen yang melindungi wanita dari kanker serviks dan kutil kelamin serta melindungi pria dari kutil kelamin. Perlu juga diperhatikan bahwa HPV termasuk ke dalam infeksi menular seksual sehingga jika pasangan memiliki kutil kelmin sebaiknya hindari hubungan intim dan jika akan melakukan kenakanlah kondom. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat