Tanya Dokter

  • HPV atau kutil kelamin

  •  eor_stor
    Anggota

    Siang dok. Mau tanya dok. Saya pernah mengalami kencing nanah sebanyak 3x interval. Sept 2013, Juni 2014 dan Agustus 2015.

    Saya melakukan pengobatan ke-3 di sebuah klinik kota Bandung. Dengan mengkonsumsi obat tersebut selama satu minggu. Kencing nanah saya hilang selama proses pengobatan, namun saya malah merasakan gatal di Anus.

    Awalnya saya biarkan. Namun semakin hari ada tonjolan tonjolan kecil. Ada yang tumbuh menjadi memanjang. Tidak gatal. Namun cukup mengganggu jika buang air besar.

    Apakah itu kutil?! Apakah masih efek gejala GO?! Untuk memastikan nya test apa yang harus saya lakukan sekarang mohon referensi tempatnya.

    Untuk test HIV sendiri 3 kali test di Klinik tersebut hasilnya negatif.. terakhir Saya test Mei 2015 dan Agustus 2015. Haruskah saya menunggu beberapa bulan kedepan untuk test?

    eor_stor  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, GO tidak menimbulkan gejala benjolan seperti yang anda sebutkan diatas. Tampaknya yang anda alami adalah suati kondisi yang dikenal sebagai kondiloma akuminata (jengger ayam) yang disebabkan akibat infeksi HPV (human papilloma virus) yang juga ditularkan melalui hubungan seksual. Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit kelamin di RS terdekat untuk menjalani pemeriksaan secara langsung dan memastikan diagnosanya. Umumnya penyekit ini tidak terlalu sulit untuk didiagnosa, tampilan pemeriksaan fisik seringkali sudah cukup untuk menegakkan diagnosanya. Pengobatan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, tetapi yang paling efektif tetap dengan tindakan operatif, baik dengan kauterisasi ataupun dengan teknik bedah beku. beberapa obat oles memang dapat digunakan tetapi seringkali hasilnya tidak memuaskan dan kambuh. tes HIV sebaiknya diulang 3 bulan setelah perilaku beresiko terakhir untuk menghindari hasil negatif palsu akibat masih berada dalam periode jendela. kondiloma gonore hiv demikian yang dapat saya sampaikan, smeoga bermanfaat.