Tanya Dokter

  • Apakah harus HSG?

  • Sore Dok, saya mau tanya. Saya sudah menikah slama 2 thn tp blm dkaruniai anak. Saya ingin punya anak Dok. Dok, menyarankan saya untuk d HSG hanya saya takut blm berani. Pertanyaan saya adakah cara lain selain HSG untuk mengetahui rahim qta sehat ato enga, sel telur bagus ato enga ? Langkah2 apa saja yg harus saya lakukan untuk program hamil. Terima kasih Dok.

    Halo,   HSG adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk menilai saluran tuba falopii pada organ reproduksi Anda, hal ini bisa melihat apakah ada gangguan pada saluran tuba falopii seperti perlekatan, infeksi dll yang bisa membuat Anda sulit hamil. Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menilai patensi tuba (kelancaran saluran tuba) selain HSG. USG bisa dilakukan untuk melihat kondisi rahim seperti emnilai adakah kista, adakah miom, adakah gangguan dinding rahim / endometrium dll, namun tidak bisa menilai patensi tuba. Pemeriksaan darah akan dilakukan untuk melihat kadar hormonal Anda, apakah hormon cukup untuk mematangkan sel telur dan berada pada level yang normal untuk mepertahankan kehamilan. Jadi memang pada dasarnya HSG akan perlu dilakukan jika ternyata semua kondisi lain yang sudah Anda lakukan menunjukkan hasil yang normal. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah kehamilan adalah:

    1. Olahraga ringan.
    2. Istirahat cukup
    3. Makan vit E dan asam folat
    4. Jaga berat badan ideal.
    5. Berpuasa seks (utk pria) minimal 4 hari sebelum masa subur wanita tiba.
    6. Berhubungan intim saat masa subur.
    Baca tips jitu hamil Baca topik Mempermudah kehamilan.   Jika dengan cara diatas Anda belum bisa hamil maka sangat disarankan bagi Anda dan pasangan Anda untuk melakukan tes kesuburan ke dokter kandungan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi