Tanya Dokter

  • Hipertensi dengan tensi 160/100 dan apa solusinya?

  •  Ctin Ovy
    Anggota

    Pagi Dok, saya ingin share,, suami saya HT dengan tensi 160/100 sekarang mengkonsumsi Lifezar 100mg dan Hppro, tapi sejak mengkonsumsi obat tsb suami saya mengeluh tegang pada tengkuk,, sebelumnya suami saya mengkonsumsi captropil 25mg, mohon solusinya dok, trimakasih

    Hai,   Jika suami Anda mengeluh nyeri pada tengkuk maka sebaiknya periksakan kembali tekanan darahnya. Nyeri/ tegang pada tengkuk bisa diakibatkan hipertensi atau kondisi medis lain seperti :

    1. Kolesterol tinggi
    2. Sakit kepala tegang.
    3. Kekakuan otot / myalgia.
    4. Efek obat-obatan.
    5. Kaku kuduk karena infeksi otak .
    6. dll.
    Jika ternyata keluhan timbul saat mengkonsumsi jenis obat tertentu maka Anda bisa menyarankan suami Anda untuk menstop konsumsi obat dan menggantinya dengan jenis lain sesuai arahan dokter. Lifezar merupakan obat hipertensi dengan nama generik losartan, menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah. Beberapa efek samping yang sering dilaporkan antara lain adalah :
    1. Lelah.
    2. Infeksi.
    3. Kekakuan otot.
    4. Nyeri punggung.
    5. Pusing.
    6. Hipoglikemia.
    tanyakan kepada dokter Anda mengenai efek samping yang timbul pada Anda , dokter akan mengganti resep obat hipertensi Anda sesuai dengan indikasi dan kondisi kesehatan Anda. Konsultasikan penggantian obat hipertensi Anda terlebih dahulu agar bisa disesuaikan dengan kondisi suami Anda. Hindari mengganti obat secara sembarangan yang bisa menimbulkan efek negatif. Untuk mengurangi nyeri tengkuk yang suami Anda rasakan Anda bisa melakukan pengompresan hangat pada bagian tengkuk, mandi air hangat dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol. Baca artikel Hipertensi, Makanan penderita Hipertensi dan Losartan. Semoga membantu.   dr. Yusi