Tanya Dokter

  • Khawatir hamil setelah berhubungan intim meski ejakulasi di luar

  •  boy123
    Anggota
    sy dan istri saya berhubungan tanpa menggunakan kontrasepsi, sebenarnya kami belom ingin hamil, dan tidak keluar didalam. tetapi stlah bbrp jam perut istri terasa cekit" kemudian di pagi hari merasa pusing selama dua hari, apakah ini hanya kelelahan dok dan tidak hamil? dan istri masih akan haid sekitar 10 hari kedepan, tolong jawabannya dok

    Halo boy123, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Tanda-tanda kehamilan biasanya tidak akan muncul segera setelah hubungan seksual dilakukan ataupun beberapa hari setelahnya. Tanda kehamilan yang pertama kali muncul biasanya adalah perdarahan implantasi (biasanya berupa flek yang terjadi hanya 1-3 hari) yang dapat terjadi sekitar 1 minggu setelah hubungan seksual yang menghasilkan kehamilan. Gejala lainnya seperti mual muntah, pembesaran dan nyeri payudara, pusing, sakit kepala, dan lain-lain biasanya terjadi setelah kehamilan mencapai usia 4-6 minggu dihitung dari hari pertama haid terakhir (sekitar 2-3 minggu setelah hubungan seksual yang menghasilkan kehamilan). Oleh karena itu gejala-gejala yang dialami isteri anda saat ini kemungkinan bukan disebabkan oleh kehamilan. Untuk dapat memastikannnya, isteri anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack bila nantinya isteri anda mengalami keterlambatan menstruasi. Lakukan pemeriksaan dengan urin pertama di pagi hari untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

    Bila anda dan isteri anda belum menginginkan kehamilan, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan alat kontrasepsi. Berikut ini adalah artikel yang dapat anda baca mengenai pemilihan alat kontrasepsi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia