Tanya Dokter

  • Hubungan gangguan bipolar dengan kecerdasan

  •  Billnine
    Anggota
    Halo dok saya ingin bertanya apakah penyakit kejiwaan yang disebut sebagai bipolar disorder ada kaitanya dengan tingkat kecerdasan seseorang

    Salam,

    Pada pasien dengan gangguan bipolar atau perubahan suasana hati riang dan sedih secara bersamaan atau mudah berubah diduga mempunyai keterkaitan dengan kecerdasan seseorang. Namun tidak ada bukti kuat yang mendukung kondisi ini. Dengan demikian, adanya kaitan ini merupakan suatu kemungkinan saja, sampai nanti didapatkan bukti kuat adanya hubungan antara bipolar dengan kecerdasan.

    Beberapa pemikiran ahli menyatakan adaya suasana riang dan ceria pada seorang individu dapat meningkatkan produktivitas, kreatifitas, dan daya nalar individu, dimana hal ini dapat terjadi pada pasien bipolar.

    Selain itu, adanya pemikiran laki-laki dengan kecerdasan yang tinggi mempunyai resiko mengalami gangguan bipolar. Namun, memang banyak pemikiran memerlukan dukungan penelitian yang di akui secara global. Selain itu, di harapkan kecerdasan tidak akan memicu resiko gangguan jiwa, bila dijalankan dengan baik sesuai norma yang berlaku.

    Bila Anda mempunyai keluhan yang berkaitan dengan suasana hari yang mudah berubah, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kesehatan jiwa.

    Demikian info yang bisa kami sapaikan, baca juga bipolar.

    dr. Ulfi