Tanya Dokter

  • Hubungan intim saat hamil 7 bulan

  • Dok, saya mau tanya... UK saya sekarang sudah memasuki 36/37 mggu ,, suami saya merengek meminta berhubungan intim dok tapi saya menolak karna waktu UK memasuki usia 7 bulan saya mengalami perut kencang lalu say kontrol ke bidan langganan saya dan bidan saya pun berkata jangan berhubungan intim dulu ya buk bilang ke bapak... bisa di kawatirin anak nya lahir prematur

    saran dokter gimana ya ?? :(

    Tataacitaa Cukss  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat sore, Hubungan seksual selama kehamilan bukan merupakan larangan. Boleh saja jika ingin melakukan hubungan seksual dengan suami anda. Kondisi yang sebaiknya TIDAK melakukan hubungan seksual adalah :

    • Memiliki riwayat keguguran atau persalinan prematur pada kehamilan sebelumnya
    • Jika ada perdarahan atau flek dari vagina
    • Plasenta previa (plasenta letak rendah, plasenta berada di pintu serviks), bahaya jika melakukan hubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan hebat.
    • Ketuban pecah dini
    • Inkompetensi serviks (pintu serviks terbuka secara dini tanpa adanya kontraksi, biasa pada wanita yang memiliki riwayat sering keguguran)
    Jika anda tidak memiliki kondisi diatas, maka hubungan intim diperbolehkan. Perlu diperhatikan bahwa saat orgasme dan saat sperma masuk keduanya memiliki hormon prostaglandine yang dapat memicu rasa kontraksi, namun bukan kontraksi yang dapat menyebabkan proses persalinan (jenis kontraksi yang berbeda). Perlu diperhatikan pula mengenai posisi, agar mencari posisi yang nyaman dan aman bagi anda. Jika pasangan memiliki riwayat infeksi menular seksual atau infeksi di organ kelamin maka sebaiknya hindari hubungan seksual atau gunakan kondom untuk mencegah penularan. Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat.  

    Berhubungan tiap hari waktu hamil 7 gimana dok boleh kah