Tanya Dokter

  • Berhubungan intim saat menstruasi

  •  triputri
    Anggota

    Dok saya melakukan hubungan intim saat menstruasi hari ke 3. Pasangan saya menggunakan kondom, Dan saat berhubungan saya merasakan perih dan sakit divagina saya, itu knp ya dok? Terimakasih

    Halo,   Rasa nyeri saat berhubungan yang Anda lakukan saat menstruasi bisa disebabkan karena saat menstruasi bagian vagina wanita menjadi sangat sensitif dan lunak akan rangsangan dari luar. Namun bisa juga disebabkan karena faktor lain seperti :

    1. Infeksi pada vagina.
    2. Kurangnya cairan lubrikan pada vagina akibat pengaruh menstruasi.
    3. Infeksi menular seksual.
    4. Peradangan pada vagina.
    5. Iritasi pada vagina akibat kondom.
    6. hubungan seks yang terburu buru dan posisi bercinta yang kurang nyaman.
    7. Dll.
    Ditambah lagi melakukan hubungan saat menstruasi memiliki resiko tersendiri seperti infeksi, perdarahan yanglebih banyak, terinfeksi HIV dan penyakit menular seksual (PMS), dll. Maka dari itu periksakanlah diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab nyeri Anda, dokter akan memeriksa kondisi Anda secara seksama dan melakukan tes medis sepertites darah, tes urin dan USG untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Dengan begitu maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi nyeri dan komplikasi lain maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Membersihkan organ intim secara benar.
    2. Mengganti pembalut setiap 3-4 jam atau jika terasa becek.
    3. Membiasakan BAK sehabis berhubungan.
    4. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    Baca topik Nyeri sehabis berhubungan. Semoga membantu.   Dr. Yusi