Tanya Dokter

  • Hubungan kanker dengan penurunan Hb dan anemia

  •  andi212
    Anggota

    dok..apabila sesorang dipastikan kena kanker..baik misal kanker  jenis apapun,,apa pasti Hemoglobinya turun ya? dan apa jelas pasti anemia juga?

    atau hb tidak turun sama sekali dok,normal2 gitu2 aja ??

    misalkan orang kena kanker 2 tahun lalu, apa pasti nilai HB nya uda  pasti turun karena kanker dan apa jug uda pasti dia menderita anemia juga dok?

    Halo Andi212,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Anemia didefinisikan sebagai kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Hemoglbin bertugas mengikat oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Kanker dapat menyebabkan terjadinya anemia melalui beberapa cara yaitu efek dari sel kanker itu sendiri, efek dari zat aktif yang dilepaskan sel kanker, atau efek dari pengobatan kanker. Secara umum, anemia dapat terjadi pada kondisi kehilangan sel darah merah (misalnya pada perdarahan, atau sel darah merah yang lebih mudah hancur) atau produksi sel darah merah yang terganggu (misalnya karena gangguan pada sumsum tulang belakang sebagai tempat diproduksinya sel darah atau kekurangan bahan pembentuk sel darah merah seperti zat besi, vitamin B12 atau asam folat).

    Anemia yang terjadi karena hilangnya sel darah merah pada umunya disebabkan oleh kanker pada saluran pencernaan seperti kanker kolon. Kanker ini dapat tumbuh dan menyebabkan perdarahan pada salurn pencernaan. Perdarahan yang terus menerus tidak diimbangi dengan proses pembentukan sel darah merah yang baru dapat menyebabkan terjadinya anemia.  

    Anemia yang berkaitan dengan terganggunya produksi sel darah merah juga dapat disebabkan oleh kanker pada saluran pencernaan. Kanker lambung, misalnya, dapat menyebabkan penderitanya sulit makan sehingga nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah seperti zat besi atau vitamin B tidak cukup untuk memproduksi sel darah merah ini. Kondisi ini juga dapat menyebabkan anemia. Kanker darah atau leukemia dan mieloma multipel merupakan kanker yang menyerang sumsum tulang belakang. Dengan demikian, produksi sel darah merah dapat terganggu. Lebih lanjut lagi, penderita kanker yang sudah mengalami metastasis (penyebaran sel kanker) ke tulang belakang juga dapat menyebabkan anemia, contohnya pada kanker payudara, kanker prostats, dan kanker paru-paru. Selain itu, pengobatan terhadap kanker seperti kemoterapi dan radioterapi juga memiliki efek samping anemia.

    Untuk memastikan apakah seseorang penderita kanker mengalami anemia harus dengan pemeriksaan darah. Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia