Tanya Dokter

  • apa penyakit bisa menular lewat hubungan oral di anus?

  • Dok , kalo berhubungan oral (area anus )dgn pasangan kita , dan stlah itu lwat vagina lagi , itu gimana yah ? Apa bakal terkena pnyakit itu or yg laen nya . Tp itu hanya sekali pada si wanitanya dan si pria itu sndri tdk tau jls asal usulnya . Dan bisa di obati tdk ?. Tolong jlskn dok .

    Hello, Hubungan seksual yang melibatkan anus dalam melakukan penetrasi penis disebut sebagai anal sexual intercourse. Sedangkan jika melibatkan mulut disebut sebagai oral sexual intercourse. Hubungan seksual melalui anus, memiliki potensial efek samping yang cukup banyak, diantaranya :

    1. Otot anus dapat rusak sehingga tidak dapat menahan buang air besar (BAB)
    2. Risiko infeksi tinggi karena higienitas daerah anus buruk
    3. Trauma pada usus besar
    4. Risiko penyakit menular seksual tinggi
    5. dan lainnya.
    Jika hubungan seksual pada anus dilanjutkan ke dalam rongga vagina, maka akan meningkatkan risiko infeksi pada saluran reproduksi pula. Pengobatan dapat dilakukan sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Dokter yang memeriksa Anda akan mengidentifikasi jenis kerusakan dan berat kerusakannya sebelum menentukan jenis tindakan pengobatan yang harus diambil. Berikut adalah laman yang lebih jelas memaparkan mengenai kesehatan melakukan hubungan seksual melalui anal dan oral: http://www.alodokter.com/seks-oral-yang-aman-seperti-apa http://www.webmd.com/sex/anal-sex-health-concerns?page=1 Semoga bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean