Tanya Dokter

  • Hubungan Sinusitis dan Jerawat

  •  Nida Rahma
    Anggota

    Dok, saya mau tanya 2 minggu yang lalu Sinusitis yang dulu pernah saya rasakan kambuh lagi akibat saya akhir2 ini sering menggunakan Vapor dan terkena asap rokok (saya tidak kuat terhadap bau asap rokok). Apakah penggunaan Vapor berdampak lebih parah terhadap Sinusitis atau hanya karena saya terlalu terkena asap rokok? Lalu, ketika Sinusitis saya kambuh, Jerawat di Kening, tulang pipi, dan dagu tumbuh parah, apakah ada hubungannya antara SInusitis dan Jerawat tersebut??
    Terima kasih atas jawabannya.

    Hai Nida,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sinusitis merupakan suatu kondisi dimana rongga sinus yang terletak di belakang dahi, hidung, dan tulang pipi mengalami peradangan. Penyebabnya adalah karena tersumbatnya saluran keluar yang semestinya mengalirkan mukus dari rongga sinus ke rongga hidung. Pemicu sumbatan ini bisa bermacam-macam, seperti karena polip hidung (tumor jinak), alergi, infeksi, kanker rongga hidung, dan sebagainya.

    Peradangan di rongga hidung (rhinitis) bisa juga menyebabkan pembengkakan dinding mukosa hidung yang menyumbat aliran keluar mukus dari rongga sinus. Salah satu pemicu peradangan ini bisa karena iritasi, misalnya akibat asap rokok atau juga vapor (rokok elektrik). Vapor memang kerap kali digunakan sebagai alternatif bagi orang-orang yang sulit berhenti merokok. Namun sesungguhnya, vapor masih belum teruji keamanannya 100% bagi kesehatan. Berbagai penelitian bahkan masih mengkaitkan vapor dengan berbagai penyakit, misalnya kanker paru, bronkhitis, asma bronkhiale, serangan jantung, dan sebagainya.

    Tidak ada keterkaitan langsung antara sinusitis dengan jerawat. Tumbuhnya jerawat di area kulit sekitar sinus kemungkinan lebih diakibatkan oleh banyaknya kelenjar minyak yang terdapat pada area tersebut (area T wajah, yakni dahi, hidung, banian antara hidung dan bibir, serta dagu. Selain itu, kebiasaan memegang-megang area kening, pipi, dan dagu (misalnya saat mengalami nyeri karena sinusitis) pun bisa memicu pertumbuhan jerawat di area ini.

    Untuk membantu mengatasi sinusitis berulang dan juga jerawat, berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

    • Hindari dingin, asap, tungau debu, bulu hewan, serbuk bunga
    • Hentikan penggunaan vapor
    • Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat asap rokok, gunakan masker saat di tempat umum, serta jaga kebersihan dan sanitasi lingkungan sekitar Anda
    • Rajin berolahraga
    • Perbanyak minum air putih hangat dan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C
    • Bersihkan wajah secara teratur 2x sehari menggunakan sabun pembersih yang diformulasikan khusus anti jerawat (yang mengandung asam salisilat, asam retinoid, benzoil peroksida)
    • Jangan memencet, mencungkil, atau mengoleskan apapun ke jerawat tanpa saran dokter
    • Jangan tidur larut malam
    • Jangan stres berlebihan

    Apabila keluhan tidak juga membaik setelah melakukan langkah di atas, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah