Tanya Dokter

  • hubungan VDRL dengan alergi

  • Hallo dok.. Saya Dika..saya mau tanya.. Kakak saya umur 23th.. Tahun kemarin melakukan medical dan ada catatannya VDRL positif 1:1 diobati lalu diberi obat Levofloxacin 500mg X..dan diberi pesan agar tidak mengkonsumsi makanan yg berprotein seperti telur dan susu.. Sebelumnya saya tidak ada alergi apapun.. Tapi ketika saya makan telur timbul benjolan kecil gatal berair dan kalau sudah pecah seperti jerawat batu dan itu membekas.. Dan jika saya makan telur lagi akan muncul ditempat yang sama..hampir diseluruh bagian tubuh.. Apakah itu ada hubungannya dengan VDRL dan obatnya apa ya dok ? Untuk menghilangkan bekas lukanya akibat gatal itu juga.. Terimakasih mohon infonya..

    Hai Adika, VDRL merupakan pemeriksaan yang untuk mengetahui apakah seseorang terkena penyakit sifilis atau tidak. Dimana penyakit sifilis ini disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum dan merupakan penyakit yang pada umumnya disebabkan oleh infeksi menular seksual, namun dapat juga disebabkan oleh pajanan tubuh dengan darah penderita nya. VDRL dengan hasil yang positif tidak semata-mata disebabkan oleh adanya infeksi sifilis namun dapat juga disebabkan oleh keadaan lain seperti kehamilan, autoimun, obat-obatan dan infeksi virus lain. Oleh sebab itu, sebaiknya disesuaikan dengan gejala klinis yang anda dialami. Pada setiap orang dapat terjadi alergi yaitu respon tubuh yang berlebihan terhadap sesuatu yang masuk ke tubuh misalnya makanan, debu, cuaca, dll. Alergi makanan biasanya menimbulkan bentol-bentol, bengkak, gatal baik di sebagian atau di seluruh bagian tubuh. Semua makanan berpotensi menyebabkan alergi. Namun, makanan penyebab alergi sangat bergantung pada keadaan tubuh atau respon tubuh setiap orang yang berbeda-beda. Sehingga, anda bisa menganalisis sendiri apa makanan atau unsur yang menyebabkan tubuh anda alergi dan sebaiknya anda menghindari makanan atau unsur tersebut. Makanan yang pada umumnya menyebabkan alergi adalah kacang-kacangan, makanan laut, telor, dll. Anda sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:

    • Hindari makanan atau unsur apapun yang menyebabkan tubuh anda mengalami alergi
    • Hindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berganti-ganti
    • Lakukan kontrol rutin untuk mengetahui hasil pengobatan anda terhadap VDRL anda yang positif
    • Melakukan pola hidup sehat
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini; Sifilis Alergi Semoga membantu dr. Yosephine

    Hai Adika, Tidak ada hubungan secara langsung antara VDRL dan alergi namun keadaan yang saya sebutkan diatas dapat menyebabkan VDRL menghasilkan hasil yang positif palsu. semoga membantu