Tanya Dokter

  • Ngidam dan pusing saat menstruasi

  •  Bayu Hanggara
    Anggota

    Selamat Malam dokter saya mau tanya saya berhubungan intim dengan pasangan saya tdk ejakulasi di dalam , tapi seminggu kemudian dia haid, setelah haid 2 hari dia merasakan ngidam sedikit pusing , itu gejala apa ya doktrr ? Makasih mohon jawabannya

    Bayu Hanggara  Bayu Hanggara
    Anggota

    Bales dong dokter huhuhuhuh

    Hai Bayu, Bila setelah hubungan intim kemudian pasangan Anda mengalami mengalami menstruasi maka artinya tidak terjadi kehamilan. Menstruasi dan kehamilan merupakan 2 hal berbeda yang tidak mungkin terjadi bersama-sama. Artinya seorang wanita yang mengalami menstruasi tidak mungkin sedang hamil, sebaliknya wanita hamil tidak mungkin mengalami menstruasi. Keluhan yang dialami oleh pasangan Anda yaitu perubahan nafsu makan dan pusing kemungkinan dapat diakibatkan oleh faktor penyebab yang lain seperti perubahan hormonal, stres, kelelahan dan sebagainya. Namun demikian, perlu Anda ketahui pula bahwa hubungan intim yang dilakukan dengan ejakulasi di luar (atau secara medis disebut sebagai coitus interruptus/sanggama terputus) tidak dapat menjamin pasti tidak terjadi kehamilan. Hal ini disebabkan oleh:

    • Sebelum terjadinya ejakulasi seorang pria dapat mengeluarkan cairan pre-ejakulat yang dapat mengandung sedikit sperma, sehingga bila cairan pre-ejakulat ini dikeluarkan pada saat sanggama maka dapat saja terjadi pembuahan.
    • Coitus interruptus sangat memerlukan ketepatan waktu dalam pemutusan sanggama/penarikan penis saat terjadi ejakulasi. Bila pemutusan sanggama terlambat dilakukan, maka sangat mungkin sebagian cairan sperma telah telanjur masuk ke dalam vagina dan dapat menyebabkan kehamilan.
    Berikut laman artikel dan diskusi yang dapat Anda baca: Kemungkinan hamil saat sperma dikeluarkan di luar Tidak mungkin mengalami haid tapi hamil Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman