Tanya Dokter

  • Solusi atasi hidropneumotoraks

  •  ilman dirga
    Anggota
    Dok saya penderita TB dan hydropemonia thorax. Langkah apa yg saya harus ambil setelah saya di di agnosa hydropnemoniathorax. Haruskah saya di rujuk ke bagian bedah dalam.

    Halo Ilman.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, Hidropneumotoraks merupakan gangguan kesehatan dimana terdapatnya udara disertai cairan didalam rongga pleura. Pleura sendiri secara sederhana merupakan suatu Pembungkus yang melapisi paru-paru dimana di antara kedua plural terbentuk suatu ruang yang disebut sebagai rongga pleura. 

    Gejala yang umumnya muncul jika seseorang terkena hidropneumotoraks, diantaranya adalah : sesak nafas, nyeri dada pada saat menarik nafas, batuk, jantung berdebar, tekanan darah rendah, nafas yang cepat, dan lain sebagainya.

    Umumnya penyakit ini ditangani dengan cara : torakosentesis === mengurangi tekanan di dalam rongga pleura, pemasangan WSD === untuk mengeluarkan cairan dan udara dari rongga plura, pemberian obat pereda rasa sakit.

    Kami menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis penyakit paru terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati