Tanya Dokter

  • Penanganan untuk Hypertiroid

  •  Vivien
    Anggota
    Selamat sore dok... Saya menderita hypertiroid 9 bulan yang lalu,, Dengan pertamakali periksa ft4 >100 dan tsh <0,05. Kemudian 3 bulan yg lalu ft4 saya berada didalam rujukan, tetapi tsh masih <0,05, Kebetulan bulan ini jadwal saya cek lab kembali. Yang ingin saya tanyakan apakah pembengkakan leher saya akan kembali seperti normal ketika hormon sdh stabil nanti? Kemudian ada masalah tidak ketika saya menjalani program diet penurunan berat badan dengan hypertiroid saya? Saat ini gejala klinis sdh mulai berkurang. Terimakasih dok
    Vivien  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Vivien,

    Gangguan pada hormon tiroid ada beberapa macamnya yang dapat menimbulkan pembengkakan pada sekitar area leher atau pada lokasi kelenjar tiroid yaitu:

    • Hipertiroid atau peningkatan kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon tiroid
    • Goiter atau gondok yang disebabkan karena kekurangan iodium
    • Tiroiditis atau peradangan pada kelnjar tiroid dapat disebabkan oleh infeksi virus atau penyakit autoimun
    • Nodul tiroid atau pembengkakakn akibat adanya benjolan di dalam kelenjar tiroid
    • Kanker tiroid

    Pada hipertiroid sendiri ditandai dengan beberapa gejala seperti penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas, berdebar-debar, keringat berlebih, lebih sensitif terhadap suhu panas, mudah marah atau emosional, siklus menstruasi tidak teratur pada wanita, diare, pembengkakan pada kelenjar tiroid di leher, sering gemetaran, rambut rontok dan keluhan lainnya. Untuk mendiagnosa hipertiroid dokter akan melakukan wawancara mengenai gejala yang timbul, melakukan pemeriksaan fisik, dan juga pemeriksaan penunjang seperti lab darah, pemeriksaan fungsi tiroid, pemindaian dengan USG tiroid, CT scan, MRI dan pemeriksaan lainnya yang diperlukan.

    Penanganannya sendiri akan dilakukan dengan pemberian obat-obatan untuk mengatur kerja hormon tiroid agar menjadi normal, radioterapi ataupun pengangkatan kelenjar tiroid dan nantinya akan diberikan obat untuk menggantikan kerja kelenjar yang diangkat. Tetapi semua ini bergantung dari beberapa faktor seperti gejala yang dialami, usia, kadar hormon yang dihasilkan dan laiinya untuk itu kembali periksakan diri pada dokter yang menangani Anda agar dilakukan perencanaan terapi lebih lanjut agar kadar tiroid dapat terjaga. Pembengkakan di leher juga jika dilakukan penanganan dengan tepat sesuai kondisi akan mengalami perbaikan. Diet juga dapat dijalankan tentunya disesuaikan dengan instruksi dokter dengan menjaga asupan kalori untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu manis, mengandung banyak lemak, dan juga mengandung goitrogen seperti beberapa jenis sayur, minuman beralkohol dan juga minuman berkafein.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.