Tanya Dokter

  • Penularan penyakit tuberkulosis

  • Malam dok,saya penderita tb aktif yang sudah menjalani pengobatan selama 3 bln dan anak saya pun di diagnosa terinfeksi tb setelah menjalani tes mantoux dan telah menjalani pengobatan selama 1 bln, Pertanyaannya apakah skrng saya blh mencium anak saya mengingat anak saya jg tlah terinfeksi tb??

    Hai Ema,

    Jika Anda telah melakukan pengobatan TB selama kurun waktu 3 bulan, maka seharusnya Anda tidak lagi infeksius atau tidak lagi menularkan kuman TB ini. Tetapi anak Anda, masih dapat menularkan penyakit ini.

    Perlu diketahui bahwa penularan TB tidak semudah yang Anda duga. Tuberkulosa tidak akan menular hanya melalui ciuman, berbagi alat makan atau berbagi handuk. Tuberkulosa ini merupakan penyakit yang penularannya lewat udara, yang dapat terjadi di tempat yang pengap, tidak disinari oleh cahaya matahari, dan melalui dahak penderita yang dibatukkan ke udara atau dibuang disembarang tempat. Tetapi, inipun dapat menjadi penyakit bagi orang lain yang secara terus menerus terpapar pada kondisi tersebut. Kunjungan sekali ke rumah orang sakit TB tidak akan membuat seseorang terkena penyakit TB. Terutama jika seseorang tersebut memiliki daya tahan tubuh yang baik, serat dalam kondisi sehat.

    Tentu Anda dapat mencium anak Anda, tetapi pastikanlah:

    • Ruangan di rumah Anda bersih, teraliri udara dan disinari cahaya matahari
    • Pastikan juga bahwa baik Anda dan anak, mendapatkan asupan nutrisi yang bergizi, terutama tinggi kalori dan protein
    • Hindari batuk di sembarang tempat, dan gunakan masker bila perlu
    • Pastikan juga bahwa Anda dan anak Anda meminum obat secara teratur setiap hari tanpaketinggalan satu haripun , agar penyakit ini dapat sembuh.

    Demikian penjelasannya, semoga dapat membantu Anda