Tanya Dokter

  • Berbahayakah menyusui saat hamil muda?

  •  Annisatriu
    Anggota
    Dok apakah ibu hamil 6bulan yg menyusui anaknya dan menimbulkan kontraksi pada rahim apakah berbahaya?

    Halo Annisatriu, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kehamilan bukan merupakan larangan untuk meneruskan menyusui anak. Apalagi bila anak anda masih berusia di bawah 2 tahun dimana ia masih memperoleh banyak manfaat dari ASI. Menyusui di saat hamil tidak akan membahayakan kehamilan anda (apabila kehamilan anda termasuk kehamilan sehat) dan juga tidak akan membahayakan bagi anak yang menyusu. Beberapa kondisi dalam kehamilan yang menyebabkan anda perlu berhenti menyusui saat hamil antara lain:

    1. Berat badan ibu yang rendah
    2. Penurunan berat badan saat kehamilan
    3. Terdapat perdarahan saat kehamilan
    4. Terdapat tanda-tanda persalinan prematur

     

    Beberapa hal yang sering menjadi kecemasan untuk menyusui saat kehamilan antara lain:

    1. Kontraksi rahim saat menyusui. Sepanjang kehamilan, seorang wanita akan mengalami kontraksi rahim. Stimulasi terhadap payudara memang salah satu hal yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, namun penelitian menunjukkan bahwa kontraksi rahim yang terjadi akibat meyusui tidak akan membahayakan ataupun meningkatkan risiko persalinan prematur pada kehamilan sehat. Menyusui saat hamil juga tidak meningkatkan risiko terjadinya keguguran pada kehamilan.
    2. Nutrisi ibu hamil. Meskipun benar bahwa menyusui dapat membantu ibu menurunkan berat badan paska persalinan, namun bila anda tetap makan makanan bergizi dalam jumlah yang cukup selama anda hamil dan menyusui, maka nutrisi untuk bayi dalam kandungkan anda akan tetap tercukupi meskipun anda sedang menyusui.
    3. Kesehatan anak yang sedang menyusu. Kehamilan memang akan mengubah struktur, jumlah, serta kandungan nutrisi dalam ASI. Meskipun demikian penelitian menunjukkan bahwa ASI yang dikeluarkan saat sedang hamil tetap memberikan manfaat yang besar bagi anak di bawah 2 tahun.
    4. Hormon kehamilan dalam ASI. Hormon yang diproduksi saat kehamilan tidak dikeluarkan dalam jumlah besar bersama ASI dan tidak membahayakan anak yang sedang menyusu.

     

    Meskipun demikian, ada baiknya anda selalu berkonsultasi kepada dokter anak dan dokter kandungan anda sebelum anda memutuskan untuk meneruskan untuk menyusui saat anda sedang hamil. Saat anda telah melahirkan bayi anda, anda pun tetap dapat menyusui kedua anak anda secara tandem, artinya masing-masing anak menyusu pada satu payudara. 

     

    Berikut ini adalah artikel yang dapat anda baca terkait menyusui saat hamil

     

     Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia