Tanya Dokter

  • Haid tidak lancar setelah melahirkan

  •  Rizky Amalia
    Anggota

    dok saya mau tanya, kalau saya habis melahirkan terus datang bulan saya tidak lancar itu wajar ndak dok atau ada faktor lain?

    Halo Rizky......... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa jika Anda baru saja melahirkan dan Anda masih dalam masa menyusui, serta Anda tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya, maka kemungkinan terbesar kondisi yang Anda alami dikarenakan oleh ketidakseimbangan hormonal. Selain dari ketidakseimbangan hormonal, kondisi yang Anda alami dapat pula disebabkan oleh karena : kelelahan, stress psikologis, sindrom ovarium polikistik, gangguan pada kelenjar tiroid, fibroid pada rahim, adanya jaringan parut dalam rahim, dll. Dengan berjalannya waktu, tubuh Akan beradaptasi dan hormon yang dihasilkan oleh tubuh pun akan menjadi lebih stabil sehingga siklus menstruasi akan kembali lancar. Akan tetapi bila kondisi yang Anda alami berkepanjangan, yaitu lebih dari 3 bulan. Maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik, tes laboratorium darah, USG khusus obsgyn, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : MENSTRUASI YANG TIDAK NORMAL Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati

    Rizky Amalia  Rizky Amalia
    Anggota
    Terimakasih dok atas balasan dan penjelasan nya. Maaf dok saya mau tanya lagi. Kalau semisal saya tidak menyusui karna anak saya berumur 6bulan dan tidak mau minum asi lagi, terus saya tidak haid tapi sudah saya tes hasil nya negatif dan saya sudah ke bidan kata nya itu biasa di alami oleh ibu setelah melahirkan. Apa itu benar dok? Terima kasih dan salam kenal.