Tanya Dokter

  • Apakah ibu dengan plasenta previa boleh senam hamil?

  •  Vilia Ayu
    Anggota
    Assalamualaikum dokter. Saya vilia umur 23 th. Saat ini saya Sedang mengandung anak pertama dn usia kehamilan 34minggu. Dr sejak sebulan yg lalu dokter spog saya mendiagnosis kalau plasenta bayi berada di bawah dn menutup jalan lahir. Bolehkah ibu dgn kehamilan plasenta previa melakukan senam hamil? Krna selama ini sya memang banyak bergerak terutama berenang dn pernah mengikuti kelas senam hamil. Tp sejak saat itu sudah tdk pernah lg krna ragu. Bagaimana baik nya dok?

    Halo Vilia Ayu, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Plasenta previa  atau yang disebut dengan plasenta letak rendah adalah kondisi di mana plasenta terletak dekat dengan jalan lahir hingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Gejala yang dapat ditemukan pada plasenta previa adalah perdarahan dari vagina pada kehamilan trimester kedua atau ketiga tanpa disertai dengan nyeri perut.

    Plasenta previa ini ada berbagai macam derajat keparahannya, ada yang hanya terletak dekat dengan jalan lahir, ada yang hanya menyentuh jalan lahir, ada yang menutupi sebagian jalan lahir, dan yang paling berat adalah yang menutupi seluruh jalan lahir. Aktivitas fisik yang boleh dilakukan pada setiap derajat tersebut bisa berbeda-beda. Pada plasenta yang tidak menutupi jalan lahir, biasanya aktivitas fisik dan olahraga masih dapat dilakukan seperti biasa, namun pada plasenta yang telah menutupi sebagian bahkan seluruh jalan lahir, aktivitas fisik biasanya disarankan untuk dikurangi bahkan melakukan bed rest pada wanita yang sering mengalami perdarahan akibat kondisi ini.

    Secara umum, olahraga kardio seperti jalan kaki, cukup aman untuk dilakukan oleh wanita hamil dengan plasenta previa. Namun untuk mengetahui lebih jelas intensitas (beratnya) olahraga yang boleh anda lakukan, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda. Bila dokter anda mengijinkannya dan anda hendak melakukan senam hamil kembali, sebaiknya lakukan senam hamil dengan instruktur yang terlatih yang mengetahui dengan pasti posisi-posisi apa saja yang boleh dilakuan oleh wanita dengan plasenta previa, karena terdapat batasan-batasan tertentu untuk senam bagi wanita hamil dengan plasenta previa. Jangan melakukan senam hamil sendiri, tanpa pengawasan dari instruktur.

    Bila saat beraktivitas fisik anda mengalami kontraksi atau perdarahan dari vagina, segera pergi ke rumah sakit.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia