Tanya Dokter

  • Muntah disertai nyeri lambung setelah meminum obat asam urat

  • Siang dokter, Ibu saya menderita asam urat. Sudah diperiksa ke dokter. Sama dokter dikasih obat allopuronil, sodium diklofenak, paracetamol,neurobion. Tensi Ibu saya 135/85 setelah minum amlodipine besilat yg diberi sm dokter. Setelah minum obat dri dokter efeknya kok bisa muntah disertai nyeri di lambung,kepala pening. Nafsu makan jg menurun. Mohon saran dari dokter terkait gejala tersebut. Terima kasih...

    Halo, Berdasarkan obat yang dikonsumsi, apakah sudah dikonsumsi dengan benar? Berdasarkan kasus yang diceritakan :

    • Parasetamol dikonsumsi sesudah makan dan dikonsumsi masih dirasakan keluhan nyeri,
    • Sodium diclofenak dikonsumsi sesudah makan dan dikonsumsi bila masih dirasakan keluhan nyeri. Pada orang dengan riwayat sakit maag dapat dilakukan pemilihan obat lain,
    • Allupurinol, obat asam urat dikonsumsi pagi hari setelah makan disertai dengan meminum air yang cukup sepanjang hari,
    • Neurobion, vitamin dikonsumsi sesudah makan,
    • Amlodipin, obat hipertensi dikonsumsi sesudah makan.
    Setiap obat memiliki efek samping masing-masing, dan keluhan paling umum dirasakan adalah gangguan pencernaan seperti nyeri pada lambung. Disarankan untuk berkonsultasi kembali ke dokter yang memberikan obat, terkait dengan keluhan yang saat ini dirasakan. Tidak tertutup kemungkinan saat ini menderita penyakit lain. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter sehingga dapat mendeteksi penyebab keluhan saat ini. Bila sebelumnya memiliki riwayat dispepsia (maag), sementara dapat menambahkan obat-obat maag yang tersedia dipasaran untuk mengurangi keluhan saat ini. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.

    Setelah diperiksakan ke dokter lagi, hasil dri pengambilan darah, asam uratnya negatif. Kata dokter efek bengkak,dri konsumsi amlodopine 10mg,resep sebelumnya. Sementara sm dokter lain diberi obat Myloxan, Lansoprazle, Curcuma FCT. Kaki masih membengkak,di kedua pipi timbul memerah. Apakah ada alergi dri obat yg dikonsumsi?

    Saat ini ibu di tangani oleh dokter apa saja? dan berapa dokter? Bila melakukan pengobatan tidak disarankan berobat ke lebih dari 1 dokter dengan spesialis yang sama. Contohnya bila berobat ke dokter penyakit dalam dan ke dokter penyakit dalam ada kemungkinan kedua dokter tersebut memberikan obat yang berbeda. Namun bukan berarti tidak boleh berobat ke lebih dari satu dokter. Pasien  dapat meminta opini dokter dengan spesialis sama (second opinian) untuk mencari pendapat terhadap pengobatan dokter yang saat ini merawatnya. Penggunaan Amlodipine sebagai obat hipertensi dapat menyebabkan kaki bengkak. Bisa dilakukan menurunkan dosis obat tersebut dan melakukan kombinasi obat hipertensi atau dapat menggantinya dengan obat hipertensi golongan lain. Obat Myloxan dan lansoprazole merupakan obat yang digunakan untuk mengobati dispepsia, dalam hal ini mengobati keluhan nyeri di lambung. Sedangkan Curcuma merupakan vitamin. Kemerahan pada pipi belum tentu disebabkan oleh penggunaan obat, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis jantung menjadi saran yang dapat saya berikan. Berikan informasi tentang keluhan, riwayat selama ini dan obat apa saja yang dikonsumsi saat ini. Pemilihan obat hipertensi tidaklah mudah. diperlukan pengetahuan tentang kondisi pasien dan interaksi obat yang ada bila diberikan lebih dari satu jenis obat. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.