Tanya Dokter

  • Pencegahan penularan cacar air

  •  miarahmalany
    Anggota

    Hallo dok, 5 hari yang lalu didaerah dada saya ada benjolan melenting berisi air, dan kemarin seluruh tubuh saya, muka, kepala muncul hal yang serupa serta bercak-bercak merah yang sangat gatal. Akhirnya tadi saya ke rumah sakit utk berkonsultasi, dokter mengatakan saya terkena cacar air. Nah sedangkan saya mempunyai bayi berusia 9 bulan, walaupun dia sudah tidak asi, namun dia sehari-harinya bersama saya. Apakah dia tertular cacar air saya dok? Gimana ya cara mencegahnya? Apa saya harus dipisahkan dulu dengan anak saya?

    Halo,   Idealnya sebaiknya Anda perlu menjaga kontak dekat dan langsung dengan bayi Anda hingga cacar Anda mengering. Cacar pada dewasa sangat menular melalui kontak langsung dengan lenting, droplet batuk dan bersin serta virus tersebut bisa cukup lama bertahan pada suhu ruangan dan melekat pada barang sekitar (boneka, mainan dll). Jadi sangat penting bagi Anda untuk :

    1. Gunakan masker setiap saat.
    2. Hindari kontak bayi Anda dengan lenting yang ada.
    3. Biasakan cuci tangan.
    4. Sebaiknya hindari mencium bayi Anda jika Anda memiliki lenting di wajah atau sedang bersin, pilek, batuk dll.
    5. Jangan biarkan anak Anda tidur di ruangan yang sama dengan Anda. Sebaiknya isolasi diri Anda di ruangan sendiri.
    Saat lenting di tubuh Anda sudah mengering (5hari sesudah mengering) maka sudah dianggap bahwa Anda tidak menular kembali dan Anda sudah bisa beraktivotas seperti biasa. Jaga kebersihan tubuh dan ruangan Anda , pastikan sirkulasi udara bagus, makan nutrisi seimbang dan hubungi dokter jika kondisi Anda memburuk. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi