Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan TORCH pada saat hamil

  •  Sharlynn
    Anggota

    Siang dokter pada kehamilan 15 minggu saya tes torch dengan hasil

    1. IGG Tokso : Reaktif 485 , IGM : negatif 0.265

    2. IGG CMV : Reaktif 450, IGM : Negatif 0.03

    Dengan hasil tersebut dokter meminta saya cek adivitas. Yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. apakah mungkin dengan hasil IGG diangka yang tinggi adivitas saya rendah?  jadi saya terifeksi virus tersebut saat usia kehamilan kurang dari 4 bulan

    Terimakasih atas jawaban nya

     

     

    Hai,

    Pemeriksaan TORCH pada kehamilan ditujukan untuk mendeteksi ada/tidaknya infeksi toxoplasma, rubella, cytomegalovirus atau herpes -- infeksi 4 jenis agen ini dapat memengaruhi janin yang dikandung terutama jika infeksi terjadi pertama kali pada saat kehamilan.

    Salah satu tanda infeksi yang bisa diketahui melalui pemeriksaan darah ialah mendeteksi keberadaan antibodi. Antibodi merupakan materi kekebalan tubuh yang akan diproduksi secara spesifik untuk satu jenis infeksi saja -- karena itu, keberadaan suatu antibodi menandakan kemungkinan besar seseorang sedang / pernah terinfeksi suatu agen. Jenis antibodi ini ada banyak, yang sering diperiksa ialah imunoglobulin M (IgM) dan imunoglobulin G (IgG). IgM adalah jenis antibodi yang diproduksi segera ketika infeksi tengah terjadi; sedangkan IgG ialah jenis antibodi yang bertahan dalam tubuh (dapat sampai seumur hidup) setelah suatu kejadian infeksi. Karena itu, keberadaan IgM menandakan infeksi yang tengah terjadi, sedangkan keberadaan IgG menandakan infeksi yang terjadi di masa lampau.

    Karena yang penting dideteksi selama kehamilan ialah infeksi yang terjadi pertama kali dan saat sedang hamil, pemeriksaan darah perlu dapat membedakan antara infeksi pertama kali dan infeksi yang terjadi berulang (infeksi berulang relatif tidak berbahaya pada kehamilan). Untuk tujuan itu, pemeriksaan aviditas (daya lekat) antibodi diperlukan. Dasar teorinya ialah bahwa antibodi yang baru saja diproduksi untuk pertama kali masih memiliki aviditas yang rendah, sedangkan antibodi yang sudah lama bertahan dalam darah cenderung memiliki aviditas yang lebih tinggi. Jadi, tidak bisa disimpulkan bahwa IgG yang tinggi menandakan aviditas yang rendah atau sebaliknya. Demikian juga keberadaan IgM belum tentu menandakan aviditas yang rendah, karena IgM juga bisa diproduksi pada infeksi ulangan.

    Konsultasikanlah kembali ke Dokter / Ahli Kandungan Anda untuk mengetahui arti dari hasil pemeriksaan darah Anda terkait infeksi TORCH serta rencana penanganan lebih lanjut kasus Anda.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma