Tanya Dokter

  • Kenapa golongan darah O bisa jadi pendonor universal?

  •  Dika P
    Anggota
    Permisi dokter mau tanya, bagaimana penjelasan yang rinci tentang golongan darah o mengapa bisa jadi pendonor universal? Apa yang membedakan dengan golongan darah yang lain dan apa yang mempengaruhinya? Terimakasih dokter

    Hi Dika, Terima Kasih telah bertanya di Alodokter

    Sebelum saya menjelaskan tentang golongan darah O. Ada baiknya kita mengerti karakteristik dari masing-masing golongan darah. Golongan darah dapat dikelompokkan menjadi Gol A, B, AB atau O dan Status rhesus negatif atau positif.

    Masing-masing golongan darah memiliki karakteristik antigen dan antibodi (seperti gambar dibawah). Antigen berfungsi sebagai tanda pengenal yang berarti tubuh dapat mengenali selnya sendiri ( contoh pada golongan darah A memiliki tanda pengenal A (Antigen A) ). Jika Sel dengan Antigen yang berlawanan masuk maka tubuh melakukan perlawanan dengan mengeluarkan Antibodi ( contoh Gol darah A memiliki Antigen A dan Antibodi Anti B yang berarti jika golongan darah B yang memiliki antigen B masuk maka Golongan darah A tidak dapat menerimanya sehingga terjadi reaksi perlawanan karena golongan darah A anti terhadap B)

    Image result for golongan darah antigen antibodi

    Namun Jika Memilki Golongan darah O yang tidak memiliki Antigen A atau B dengan kata lain tidak mempunya tanda pengenal. Dengan kata lain golongan darah O dapat masuk ke golongan darah apapun/ universal ( contohnya Golongan darah A dapat menerima golongan darah O karena golongan darah A memiliki Anti B sehingga golongan darah A dapat menerima golongan darah O dan tidak dapat menerima golongan darah B ). 

    Namun sebaiknya Transfusi golongan darah O ke golongan darah lain hanya dapat dilakukan dalam kondisi darurat, karena darah O sendiri memiliki Anti A dan Anti B sehingga mungkin menimbulkan reaksi yang berbahaya 

    Demikian informasi , semoga bermanfaat . Salam dr Celleen