Tanya Dokter

  • Haid tidak teratur dan vagina berbau saat penggunaan KB implant

  •  Eliz
    Anggota
    Dok. Nama Saya Elis umur saya 21thn. Begini dok keluhan saya. Saya menggunakan KB Jenis Implan menstruasi saya tidak lancar dan kadang saya habis berhubungan terdapat flek darah di vegina dan keputihan. Saya bau seperti ikan asin? Kira" itu normal atau tidak y dok #ThanksYou

    Hai Eliz

    Siklus menstruasi wanita dipengaruhi oleh keseimbangan hormona yaitu estrogen dan progesteron. Bila terjadi ketidakseimbangan kedua hormon tersebut maka dapat terjadi ketidakteraturan siklus menstruasi yang berupa lebih panjang, lebih pendek, jumlah sedikit, banyak atau terlambat. KB implan merupakan alat kontrasepsi berbentuk semacam tabung kecil yang dimasukkan ke bawah permukaan kulit. Tabung ini akan mengeluarkan hormon progesteron sintetik secara berkala sehingga menyebabkan perubahan hormon alami tubuh. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan pengentalan lendir leher rahim sehingga menghalangi masuknya sel sperma ke dalam rahim. Di sisi lain ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Gangguan siklus menstruasi ini tidak selalu sama pada tiap wanita, pada beberapa wanita ada yang cenderung menstruasi tetap teratur dikarenakan variasi tiap individu. Bila Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, ini merupakan efek samping normal dari KB hormonal baik berupa implan, pil ataupun suntik. Pada KB implan, tidak teraturnya siklus menstruasi dapat tetap berlanjut sampai tubuh mengalami adaptasi. Bercak darah yang keluar dari vagina atau keputihan kecoklatan tersebut kemungkinan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

    Efek samping lain yang juga mungkin timbul pada pemasangan KB implan walaupun tidak selalu terjadi adalah keputihan. Keputihan ini juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Ciri dari keputihan normal antara lain:

    • Jernih.
    • Sedikit.
    • Tidak berbau.
    • Tidak disertai gatal atau nyeri pada vagina.

    Bila tidak sesuai dengan ciri diatas, perlu diwaspadai bukan suatu keputihan yang normal dimana penyebab paling sering adalah infeksi dikarenakan penggunaan KB implan juga meningkatkan risiko infeksi pada vagina (vaginitis). Untuk memastikan sebaiknya Anda periksakan langsung pada dokter. 

    Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: 

    Ingin memakai KB implan, pastikan dulu disini. 

    Mewaspadai siklus menstruasi yang tidak normal. 

    Keputihan.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william