Tanya Dokter

  • cara menghitung berat badan ideal

  •  lefris
    Anggota

    Dok, saya mau tanya.. bagaimana ya cara yang tepat untuk menghitung berat badan saya yang ideal.. saat ini TB saya 172cm dan BB saya 85kg, dan saya sudah mulai mengalami kesulitan utk berjalan jauh. Thx Before..

    Halo, Rumus berat badan ideal dihitung dengan: Wanita: (Tinggi badan-100)-10% Pria: Tinggi badan - 100 Indikator lain yang lebih penting yang digunakan untuk mengetahui ideal atau tidaknya berat badan Anda adalah indeks massa tubuh (IMT). IMT dihitung dengan cara membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter yang dikuadratkan. Dengan rumus tersebut, penghitungan IMT yang Anda miliki adalah 85 kg dibagi dengan 1,72x1,72, hasilnya 28,73 kg/m2. IMT yang normal adalah 18,5-24,9 sedangkan kelebihan berat badan ditandai dengan IMT antara 25-29,9 kg/m2. Lakukan penurunan berat badan secara bertahap, yaitu sekitar 0,5-1kg per minggu. Artikel untuk Anda baca: Pemahaman indeks massa tubuh Menurunkan berat badan secara realistis Semoga bermanfaat, dr.Mira

    lefris  lefris
    Anggota

    oke dok terimakasih atas penjelasannya, apakah bisa di bantu dok untuk proses penurunan BB nya, saya harus konsumsi makanan apa saja?

    Halo, Pola makan yang disarankan dalam menurunkan berat badan adalah pola makan teratur dengan gizi seimbang. Aktif bergerak termasuk melalui olahraga juga sangat disarankan. Berikut ini makanan yang disarankan:

    • karbohidrat seperti nasi, sereal, mie, bihun atau kentang sebaiknya hanya menempati 1/3 porsi makan
    • pilih sumber protein yang rendah lemak, misalnya ikan, ayam dada tanpa kulit
    • konsumsi buah dan sayur lebih dari 5 porsi per hari
    • hindari makanan manis seperti kue, biskuit, minuman manis
    • batasi konsumsi gorengan dan makanan siap saji
    • minum air putih sebelum makan dapat memberi efek kenyang sehingga menghindarkan dari konsumsi makanan berlebihan
    • sarapan sehat jangan dilewatkan, misalnya pisang dan telur rebus
    • makan lebih sering dengan porsi lebih sedikit (misalnya 5-7 kali per hari dengan porsi kecil) dibanding 3 kali langsung kenyang
    Cukup tidur, olahraga secara teratur (misalnya aerobik 150 menit per minggu) juga dapat menunjang kesuksesan penurunan berat badan. Artikel: Menurunkan berat badan secara realistis 7 Cara mudah menurunkan berat badan Semoga bermanfaat, dr.Mira