Tanya Dokter

  • jenis-jenis imunisasi untuk balita

  • Sore Dok..saya mau tanya, jikalau anak saya belum pernah imunisasi dari lahir..apa saja yang harus di beri imunisasinya..anak saya skrg umur 2,2 tahun...trimakasih dok..

    Hai,   Jadwal imunisasi catch up ( telat / tidak diberikan sama sekali) sesuai aturan CDC yaitu :

    1. BCG = imunisasi untuk mencegah penyakit TBC paru. Diberikan pada usia 1-2 bulan. Jika diberikan > usia 3 bulan maka perlu pemeriksaan tes mantoux terlebih dahulu.
    2. Hepatitis B = Imunisasi yang diberikan untuk mencegah hepatitis B. Diberikan pada usai 0(baru lahir) - 1 bulan dan 6 bulan (3 kali dosis terbagi). Karena usia Anak Anda > 2 tahun maka sebaiknya lakukan pengecekan darah mengenai anti HBs Ag dan HbeAg. Jika hasil keduanya non reaktif maka Anda bisa memvaksin anak Anda dengan sebanyak 3 kali dengan cara suntikan ke 2 berselang 1 bulan dari suntikan pertama dan suntikan ke 3 berselang 5 bulan dari suntikan ke2.
    3. DPT = Imunisasi untuk mencegah penyakit Dipteri , Pertusis dan Tetanus.  Jika anak Anda berusia 2 tahun maka Anda bisa memberikan vaksin sebanyak 3 kali dengan periode berselang 1 bulan (4 minggu) contoh dosis pertama pada usia nya sekarang dan dosis kedua diberikan 4 minggu setelah dosis pertama, dosis ketiga diberikan 4 minggu setelah dosis kedua. Jika perlu Anda bisa menambahkan Dosis ke 4 (boster bisa diberikan 6 minggu setelah dosis ketiga).
    4. Rotavirus = Diberikan sebanyak 3 kali dengan sleang waktu 4 minggu pada setiap imunisasi.
    5. Hemophilus influenza type B dan Pneumokokus = diberikan 1 kali dan jika anak Anda dalam kondisi sehat maka tidak perlu dosis tambahan.
    6. Varicella = diberikan 1 kali sebelum usia masuk sekolah.
    7. Hepatitis A= diberikan 2 kali  dengan selang waktu 6 bulan.
    8. MMR = diberikan 2 kali dengan selang waktu 4 minggu.
    Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca bahasan Jadwal munisasi catching up. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi