Tanya Dokter

  • Imunisasi BCG pada usia 2 bulan

  •  Nurmala Sari
    Anggota
    Hallo dok,maaf saya mau nanya anak saya baru berusia 2 bulan setengah apakah masih bisa melalukan imunisasi bcg?

    Hallo Bunda Nurmala Sari, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Imunisasi adalah suatu program pencegahan penyakit menular yang dilakukan dengan memberikan vaksin sehingga tubuh memiliki daya tahan atau kekebalan terhadap penyakit tersebut. Vaksin terdiri dari bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan.Sejak baru dilahirkan, bayi memang telah memiliki antibodi dari ibunya yang diterima saat masih di dalam kandungan, namun kekebalan ini hanya dapat bertahan hingga beberapa minggu atau bulan saja. Setelah itu, bayi akan menjadi rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan perlu mulai memproduksi antibodi sendiri. Dengan diberikannya imunisasi, sistem kekebalan tubuh anak akan siap untuk menghadapi serangan penyakit - penyakit tertentu di masa depan, seperti TBC, cacar, campak, polio, tetanus, dan gondongan, sesuai dengan jenis vaksin yang diberikan.

    Imunisasi BCG merupakan imunisasi yang diberikan untuk mencegah penyakit tuberkulosis  atau yang lebih dikenal sebagai TBC.  Pemberian vaksin BCG hanya dilakukan satu kali, yaitu pada saat anak baru dilahirkan hingga berusia dua bulan atau sebelum berusia 3 bulan. Efek samping vaksin BCG yang paling umum adalah munculnya benjolan bekas suntik pada kulit, sedangkan efek samping yang sangat jarang terjadi adalah reaksi alergi.

    Jika bayi anda berusia 2 bulan setengah artinya bayi anda belum genap berusia 3 bulan yang artinya masih bisa diberikan imunisasi BCG. Jika memang kembali terlewat, pemberikan BCG masih bisa diberikan pada bayi usia 3 bulan ke atas, namun harus dilakukan pemeriksaan mantoux atau uji tuberkulin terlebih dahulu sebelum dilakukan imunisasi BCG.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina